PERAN ORANGTUA DALAM MEMOTIVASI BELAJAR ANAK DI RA Al ISLAMIYAH KEBONBATUR MRANGGEN

SARI, NORMA IKA (2022) PERAN ORANGTUA DALAM MEMOTIVASI BELAJAR ANAK DI RA Al ISLAMIYAH KEBONBATUR MRANGGEN. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.

[thumbnail of NORMA IKA SARI 17150008.pdf] Text
NORMA IKA SARI 17150008.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (850kB)

Abstract

NORMA IKA SARI. NPM 17150008. “Peran Orangtua Dalam Memotivasi
Belajar Anak Di RA Al Islamiyah Kebonbatur Mranggen”. Skripsi Program
Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Pendidikan
Universitas PGRI Semarang. Dibimbing oleh Purwadi, S.Pd.,M.Pd. dan Nila
Kusumaningtyas, S.T.,M.Pd. 2022.
Konsteks penelitian yang melatarbelakangi penelitian ini adalah peran orangtua
memiliki peranan yang berbeda, ada juga orangtua yang tidak bisa
mendampingi belajar dengan waktu yang maksimal membuat anak menjadi
kurang dalam mendapatkan motivasi dan ada juga orangtua yang mampu
memberikan waktu luang yang baik sehingga anak mendapatkan motivasi
belajar yang baik.Dalam permasalahan yang diungkap pada penelitian ini
adalah bagaimana peran orangtua dalam memotivasi belajar anak. Tujuan
penelitian ini adalah untuk mengetahui peran orangtua kepada anak, supaya
anak mendapatkan peran dari orangtua masing-masing karena peran orangtua
sangatlah penting bagi anak. Orangtua tokoh utama bagi anak untuk
memberikan kasih sayang pada anak, dan memberikan pendidikan yang baik
untuk anak, supaya anak bisa memiliki motivasi belajar yang tinggi sehingga
anak mudah dalam belajar.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, yang dilakukan dengan
menguraikan fakta-fakta dan data-data yang diperoleh dari sumber data yang
diambil melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian
ini adalah peran orangtua dalam memotivasi belajar anak di RA Al Islamiyah
Kebonbatur Mranggen, terlihat saat orangtua memberikan perannya kepada
anak untuk memotivasi belajar, adapun orangtua yang sibuk bekerja sehingga
anak tidak didampingi belajar dengan waktu yang kurang maksimal sehingga
kurang mendapatkan motivasi belajar dengan baik dan susah dalam menerima
pembelajaran yang sudah diberikan oleh guru. saran yang dapat disampaikan
adalah agar orangtua memiliki waktu luang untuk mendampingi anak dalam
belajar sehingga anak memiliki motivasi belajar yang tinggi dan dapat
menerima pembelajaran dikelas dengan mudah.
Kata Kunci: Peran orangtua, motivasi belajar.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 14 Mar 2024 07:18
Last Modified: 14 Mar 2024 07:18
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/2823

Actions (login required)

View Item
View Item