Dani, Eka Yuni Mawar (2022) EFEKTIFITAS MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DAN DISCOVERY LEARNING (DL) TERHADAP HASIL BELAJAR BERBANTU PREZI DI SMP. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
Eka Yuni Mawar Dani 17310136 .pdf
Restricted to Repository staff only
Download (6MB)
Abstract
Keberhasilan belajar peserta didik salah satunya dipengaruhi oleh keterlibatan guru dalam
kegiatan pembelajaran. Namun, beberapa guru masih menggunakan metode konvensional dalam
menyampaikan materi pembelajaran. Kendala yang dihadapi dalam proses pembelajaran
matematika sebagai berikut: (1) kurangnya minat siswa terhadap pembelajaran matematika (2)
pembelajaran matematika menjadi momok yang menakutkan (3) model pembelajaran yang
digunakan kurang bervariasi, terkesan monoton dan cara mengajar guru yang teacher centered
(4) kurangnya motivasi guru untuk melakukan inovasi model pembelajaran dan media
pembelajaran. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran
Problem Based Learning dan Discovery Learning berbatu media Prezi terhadap hasil belajar
siswa. Jenis penelitan yang dilakukan merupakan penelitan Quasi Eksperimen (Eksperimen
semu). Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Terdapat perbedaan efektifitas menggunakan
model pembelajaran Problem Based Learning dan Discovery Learning (2) Efektifitas
menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning lebih baik dari pada pembelajaran
konvensional (3) Efektifitas menggunakan model pembelajaran Discovery Learning lebih baik
dari pada model pembelajaran konvensional (4) Tidak terdapat perbedaan hasil belajar
menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning dengan Discovery Learning (5)
Hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning dapat
mencapai ketuntasan individu dan klasikal (6) Hasil pembelajaran siswa yang menggunakan
model pembelajaran Discovery Learning dapat mencapai ketuntasan individu tetapi belum
mencapai ketuntasan klasikal.
Kata Kunci: efektivitas, Problem Based Learning, Discovery Learning, hasil belajar
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Matematika Ilmu Pengetahuan Alam dan Teknologi Informasi > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 14 Mar 2024 07:15 |
Last Modified: | 14 Mar 2024 07:15 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/2820 |