RISTIANI, NOVA (2022) PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK MODELLING TERHADAP DISIPLIN BELAJAR PADA SISWA KELAS VIII SMP N 2 GUNTUR. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.
NOVA RISTIANI 15110045.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
Nova Ristiani.NPM.15110045. Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok
Dengan Teknik Modelling terhadap Disiplin Belajar pada Siswa Kelas VIII SMP
N 2 Guntur. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas PGRI Semarang. 2022.
Latar belakang dalam penelitian ini adalah kurangnya disiplin bleajar
siswa kelas VIII SMP N 2 Guntur.
Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian
ini yaitu siswa kelas VIII SMP N 2 Guntur. Jenis penelitian ini adalah penelitian
Eksperiment Control Design. Sampel dalam penelitian berjumlah 24 siswa yang
dibagi menjadi dua kelompok eksperimen 12 siswa dan kelompok control 12
siswa.
Hasil penelitian yang telah dilakukan oleh peneliti di SMP N 2
Gunturyang dimulai dari tahap pengumpulan data, treatment atau pemberian
layanan, dan analisis data dengan rumus t-tes maka diperoleh hasil thitung sebesar
dan ttabeldb N-2 = 10 sebesar 2,23 dengan taraf signifikan 0,05 (5%).
Karenathitung3,245>ttabel 2,23 maka dapat disimpulkan bahwa, “ada pengaruh
Layanan bimbingan kelompok dengan teknik modelling dalam meningkatkan
disiplin belajarsiswa kelas VIIl SMP N 2 Guntur”.
Saran yang dapat disampaikan hendaknya guru sebagai acuan dalam
memberikan
layanan
bimbingan
kelompok
pada
siswa
dalam
rangka
meningkatkan disiplin belajar di lingkungan sekolah. Sehingga siswa akan
terfasilitasi dan mengubah pola fikir siswa tentang bimbingan konseling di
sekolah.
Kata kunci: layanan bimbingan kelompok, teknik modeling.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 14 Mar 2024 07:11 |
Last Modified: | 14 Mar 2024 07:11 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/2819 |