PENGEMBANGAN BUKU CERITA BERGAMBAR PADA PEMBELAJARAN TEMA SELALU BERHEMAT ENERGI KELAS ΙV SEKOLAH DASAR

NAJIB, ALDI FAKHRUL (2022) PENGEMBANGAN BUKU CERITA BERGAMBAR PADA PEMBELAJARAN TEMA SELALU BERHEMAT ENERGI KELAS ΙV SEKOLAH DASAR. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of ALDI FAKHRUL NAJIB 18120133.pdf] Text
ALDI FAKHRUL NAJIB 18120133.pdf

Download (7MB)

Abstract

ALDI FAKHRUL NAJIB. NPM 18120133. Judul “Pengembangan Buku Cerita
Bergambar pada Pembelajaran Tema Selalu Berhemat Energi Kelas IV Sekolah
Dasar”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Sekolah Dasar Fakultas Ilmu
Pendidikan Universitas PGRI Semarang. 2022.
Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah kurangnya
ketertarikan peserta didik tidak tertarik dengan buku bacaan yang memuat
pengetahuan atau buku pelajaran.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah karakteristik
pengembangan buku cerita bergambar untuk kelas IV Sekolah Dasar. Bagaimana
kevalidan dan kepraktisan buku cerita bergambar yang telah dikembangkan untuk
peserta didik kelas IV Sekolah Dasar. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui
karakteristik, kevalidan dan kepraktisan media buku cerita bergambar untuk
pembelajaran tema selalu berhemat energi.
Metode penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (research and
development). Peneliti menggunakan prosedur R&D sesuai ADDIE (Analysis,
Design, Development, Implementation and Evaluation). Teknik pengumpulan data
melalui observasi, wawancara, angket dan dokumentasi.
Hasil penelitian pengembangan buku cerita bergambar yaitu peneliti
mendapatkan
hasil
bahwa
media
pembelajaran
yang
tersedia
kurang
meningkatkan kemauan belajar dan membaca peserta didik berdasarkan analisa.
Tahap desain Peneliti mendesain awal media buku cerita bergambar untuk dapat
divalidasi oleh ahli media dan ahli materi. Tahap development mendapatkan hasil
buku cerita bergambar valid dengan persentase lebih dari yang ditentukan
Tahap Implementation, peneliti menerapkan buku cerita bergambar di kelas
IV A SD Negeri Dumeling 02. Evaluasi terhadap buku cerita menggunakan
angket tanggapan guru dan peserta didik dengan persentase tuntas. Berdasarkan
hasil prosedur penelitian yang dilaksanakan media buku cerita bergambar dapat
dinyatakan valid dan praktis, sehingga dapat digunakan dalam pembelajaran.
Saran yang dapat disampaikan adalah guru dapat menggunakan media
pembelajaran buku cerita bergambar pada proses pembelajaran.
Kata Kunci : Pengembangan, Media Pembelaran, Buku Cerita Bergambar.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 14 Mar 2024 07:09
Last Modified: 14 Mar 2024 07:09
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/2818

Actions (login required)

View Item
View Item