ANALISIS DAMPAK BULLYING TERHADAP KEPERCAYAAN DIRI ANAK : STUDI KASUS DI SD NEGERI KARANGTOWO DEMAK

FEBIANTI, MARTINA (2022) ANALISIS DAMPAK BULLYING TERHADAP KEPERCAYAAN DIRI ANAK : STUDI KASUS DI SD NEGERI KARANGTOWO DEMAK. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of MARTINA FEBIANTI 18120046.pdf] Text
MARTINA FEBIANTI 18120046.pdf

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK
Martina Febianti. NPM 18120046. “Analisis Dampak Bullying Terhadap
Kepercayaan Diri Anak : Studi Kasus Di SD Negeri Karangtowo Demak”.
Skripsi. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas PGRI Semarang. Dosen
Pembimbing I Ikha Listyarini,S.Pd,.M.Hum., Dosen Pembimbing II Filia Prima
Artharina,M.Pd.
Penelitian ini di latar belakangi oleh banyaknya perilaku negatif anak
bangsa ini yang terjadi pada instansi pendidikan dasar, dimana seharusnya sebuah
instansi pendidikan dasar memberikan pelayanan, pengarahan, dan contoh baik
untuk pembiasaan siswa melalui nilai-nilai karakter di lingkungan sekolah.
Jenis penelitian ini adalah Deskriptif Kualitatif. Sumber data dalam
penelitian ini di peroleh dengan mengamati dan melakukan wawancara kepada
kepala sekolah, guru, dan peserta didik. Data dalam penelitian ini ialah indikator
nilai karakter, menggunakan metode pengumpulan data berupa wawancara,
dokumentasi, angket, dan observasi. Data dianalisis dengan mendeskripsikan dan
menelaah seluruh nilai karakter siswa yang penulis peroleh melalui data
wawancara, angket, dan dokumentasi. Selanjutnya menyimpulkan hasil Analisis
Dampak Bullying Terhadap Kepercayaan Diri Anak.
Berdasarkan hasil data yang diperoleh dari Analisis Dampak Bullying
Terhadap Kepercayaan Diri Anak : Studi Kasus Di SD Negeri Karangtowo
Demak yaitu melalui : (1) Bullying verbal meliputi menghina, memanggil
kekurangan fisik, memanggil dengan sebutan orang tua. (2) Bullying non verbal
meliputi menendang, memukul, menarik kerudung, berkelahi. (3) Bullying
relasional meliputi pengucilan dan pengabaian.
Saran yang dapat peneliti sampaikan yaitu: (1) Bagi orang tua
diharapkan memperhatikan pergaulan anak. (2) Bagi sekolah yaitu membentuk
Pusat Konseling Anak. (3) Bagi siswa lebih menghormati yang tua dan
menyayangi yang muda

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 14 Mar 2024 07:12
Last Modified: 14 Mar 2024 07:12
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/2816

Actions (login required)

View Item
View Item