PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN TARI INDANG PADA MUPEL SBdP KELAS VI TEMA 2 SUBTEMA 2 PEMBELAJARAN KE-2 DI SEKOLAH DASAR

AYUNI, NANA PRASETYA (2022) PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN TARI INDANG PADA MUPEL SBdP KELAS VI TEMA 2 SUBTEMA 2 PEMBELAJARAN KE-2 DI SEKOLAH DASAR. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.

[thumbnail of NANA PRASETYA AYUNI 17120305.pdf] Text
NANA PRASETYA AYUNI 17120305.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

NANA PRASETYA AYUNI. NPM 17120305. “Pengembangan Video
Pembelajaran Tari Indang pada Mupel SBdP Kelas VI Tema 2 Subtema 2
Pembelajaran ke-2 di Sekolah Dasar”. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru
Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas PGRI Semarang. Wawan
Priyanto, S.Pd., M.Pd pembimbing 1 dan Mei Fita Asri Untari, S.Pd., M.Pd
pembimbing 2. Maret, 2022.
Konteks yang melatarbelakangi penelitian ini yaitu kurangnya minat peserta
didik dalam pembelajaran seni tari yang mengakibatkan proses pembelajaran
menjadi pasif. Kesiapan guru dalam mengajar seni tari juga diperhitungkan karena
keterbatasan keahlian guru dan fasilitas sekolah. Guru hanya mengandalkan metode
pembelajaran ceramah (konvensional) dan belum memaksimalkan dalam
penggunaan media pembelajaran sehingga proses pembelajaran menjadi monoton
dan peserta didik cepat merasa bosan.
Penelitian ini memfokuskan pada permasalahan “Bagaimana karakteristik
pengembangan video pembelajaran tari Indang pada mupel SBdP kelas VI tema 2
subtema 2 pembelajaran ke-2 di Sekolah Dasar?” dan “Bagaimana kevalidan dan
kepraktisan pengembangan video pembelajaran tari Indang pada mupel SBdP kelas
VI tema 2 subtema 2 pembelajaran ke-2 di Sekolah Dasar?”. Tujuan yang hendak
dicapai pada penelitian ini yaitu untuk mengetahui karakteristik, kevalidan dan
kepraktisan pengembangan video pembelajaran tari Indang pada mupel SBdP kelas
VI tema 2 subtema 2 pembelajaran ke-2 di Sekolah Dasar.
Metode penelitian yang digunakan yaitu
metode penelitian dan
pengembangan (Reseacrh and Development) oleh Sugiyono (2009). Analisis yang
digunakan untuk menguji kevalidan produk tersebut menggunakan penilaian dari
validator ahli media dan ahli materi. Validator tersebut terdiri dari dua dosen
Universitas PGRI Semarang yaitu Prasena Arisyanto, S.Pd., M.Pd dan Dr. Riris
Setyo Sundari, M.Pd serta guru ahli seni SD Negeri 1 Tawangharjo yaitu Kasrin,
S.Pd. Berdasarkan hasil uji validasi oleh tiga validator diperoleh presentase sebesar
98% untuk media dan 95% untuk materi. Merujuk pada hasil validasi tersebut,
pengembangan video pembelajaran tari Indang pada mupel SBdP kelas VI tema 2
subtema 2 pembelajaran ke-2 di Sekolah Dasar sangat valid dan layak untuk
digunakan tanpa revisi.
Berdasarkan hasil dari penelitian ini saran yang disampaikan adalah guru
dapat memaksimalkan penggunaan media pembelajaran seperti video pembelajaran
tari Indang untuk memberikan materi seni tari agar menarik fokus dan perhatian
peserta didik dalam proses pembelajaran seni tari. Guru juga diharapkan dapat
mengembangkan video pembelajaran seni tari yang lebih kreatif dan inovatif.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 14 Mar 2024 07:05
Last Modified: 14 Mar 2024 07:05
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/2815

Actions (login required)

View Item
View Item