PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA FLASH CARD TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA TEMA 6 SUBTEMA 1 SUHU DAN KALOR KELAS V SD NEGERI 2 SEDADI

SETIYANI, NOVI (2022) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA FLASH CARD TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA TEMA 6 SUBTEMA 1 SUHU DAN KALOR KELAS V SD NEGERI 2 SEDADI. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.

[thumbnail of NOVI SETIYANI 17120220.pdf] Text
NOVI SETIYANI 17120220.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

NOVI SETIYANI. NPM 1712020. “Pengaruh Penggunaan Media Flash Card
Terhadap Hasil Belajar Siswa Tema 6 Subtema 1 Suhu dan Kalor Kelas V SD
Negeri 2 Sedadi’’, Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Semarang. Pembimbing I Veryliana
Purnamasri, S.Pd., M.Pd., Pembimbing II Prasena Arisyanto, M.Pd. 2022.
Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah rendahnya hasil
belajar siswa kelas V. Hal tersebut disebabkan karena guru belum menggunakan
media yang sesuai dengan situasi di masa pandemi ini khususnya pada
pembelajaran Guling (Guru Keliling). Permasalahan dalam penelitian ini adalah
Apakah media pembelajaran Flash Card berpengaruh terhadap hasil belajar siswa
Tema 6 Subtema 1 kelas V SD N 2 Sedadi.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dalam bentuk Pre-
Eksperimental Design dengan desain Pretest-Posttest Control Group Design.
Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN 2 Sedadi tahun
pelajaran 2021/2022. Sampel yang diambil adalah 32 siswa, dengan menggunakan
teknik Non Probability Sampling dengan teknik sampling jenuh. Data dalam
penelitian ini diperoleh melalui observasi, wawancara dan dokumentasi.
Karena disini siswa diberikan media pembelajaran inovatif dan menarik
untuk dicoba, tentunya siswa akan lebih senang dalam belajar. Maka dengan
timbulnya rasa senang belajar dan mencoba ini dapat meningkatkan hasil belajar
siswa. Berdasarkan perhitungan maka diperoleh rata-rata pre-test yaitu 48,90 dan
rata-rata posttest 79,53. Berdasarkan analisis uji t diperoleh thitung = 12,570 dan
ttabel sebesar 1,696. Maka thitung> ttabel yaitu 12,570 > 1,696 maka HO ditolak dan Hɑ
diterima. Terdapat perbedaan presentase ketuntasan belajar klasikal yaitu 75%
dilihat dari nilai pre-test memperoleh hasil yaitu 22% dan nilai post-test yaitu
97%, dimana nilai setelah diberi perlakuan telah memenuhi indikator keberhasilan
dalam penelitian ini yaitu ≥85%. Jadi media pembelajaran Flash Card
berpengaruh terhadap hasil belajar siswa Tema 6 Subtema 1 kelas V SD N 2
Sedadi.
Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang dapat disampaikan adalah
diharapkan guru SD N 2 Sedadi lebih mengoptimalkan kinerja dalam berinovasi
menggunakan atau mengembangkan media pembelajaran yang menarik dan dapat
membuat siswa lebih aktif belajar.
Kata Kunci: Pengaruh, Flashcard, Hasil Belajar.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 14 Mar 2024 07:02
Last Modified: 14 Mar 2024 07:02
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/2812

Actions (login required)

View Item
View Item