PENERAPAN METODE RT-BT (ROUNDTABLE BERBASIS TEKS) DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS DIALOG BERBAHASA JAWA SISWA KELAS VIII A2 SMP ISLAM SULTAN AGUNG 4 SEMARANG TAHUN AJARAN 2021-2022

WIDIYANTI, EKA (2022) PENERAPAN METODE RT-BT (ROUNDTABLE BERBASIS TEKS) DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS DIALOG BERBAHASA JAWA SISWA KELAS VIII A2 SMP ISLAM SULTAN AGUNG 4 SEMARANG TAHUN AJARAN 2021-2022. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of EKA 18430008.pdf] Text
EKA 18430008.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Eka Widiyanti. “Penerapan Metode RT-BT (Roundtable Berbasis Teks
dalam Pembelajaran Menulis Teks Dialog Berbahasa Jawa Siswa Kelas VIII A2
SMP Islam Sultan Agung 4 Semarang”. Skripsi. Fakultas Pendidikan Bahasa dan
Seni Universitas PGRI Semarang. Pembimbing I Alfiah, S.Pd., M.Pd.
Pembimbing II Bambang Sulanjari, S.S., M.A. 2022.
Kata Kunci: metode RT-BT (Roundtable Berbasis Teks), pembelajaran menulis
teks dialog, ragam bahasa Jawa.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil penerapan metode
RT-BT (Roundtable Berbasis Teks) dalam pembelajaran menulis teks dialog
berbahasa Jawa siswa kelas VIII A2 SMP Islam Sultan Agung 4 Semarang Tahun
Ajaran 2021-2022. Hal tersebut dilatarbelakangi oleh kurang minatnya siswa
dalam pembelajaran menulis dialog berbahasa Jawa pada siswa kelas VIII A2.
Beberapa kesulitan yang dialami oleh siswa, antara lain pada pemilihan aspek
pilihan kata atau diksi, aspek pemahaman ejaan yang masih kurang, aspek
pemahaman kosa kata yang sulit, dan penggunaan variasi ragam basa belum
dipahami oleh siswa sehingga masih terdapat kekeliruan dalam penerapannya.
Selain itu, metode pengajaran yang belum bervariasi menjadi salah satu faktor
penyebab kurangnya antusias siswa dalam proses pembelajaran di kelas. Dengan
demikian, rumusan masalah yang diperoleh adalah bagaimana hasil penerapan
metode RT-BT (Roundtable Berbasis Teks) dalam pembelajaran menulis teks
dialog berbahasa Jawa.
Penelitian ini termasuk dalam penelitian eksperimen karena data yang
diperoleh digunakan untuk mengetahui pengaruh perlakuan tertentu terhadap
kondisi yang dikendalikan. Adapun pendekatan yang digunakan yaitu kuantitatif
deskriptif karena data yang diperoleh dihitung secara statistik, kemudian data
dianalisis secara statistik deskriptif yaitu dengan mendeskripsikan hasil
perhitungan data tersebut. Data yang diperoleh dalam penelitian ini dikumpulkan
dengan cara observasi (pengamatan) dan kuesioner (angket), sedangkan
pengambilan sampel yang digunakan yaitu purposive sampling.
Setelah dilakukan analisis data, diperoleh hasil penelitian sebagai berikut:
1) Pada aspek pengetahuan, terdapat 18 siswa atau 72% memperoleh nilai di atas
KKM, sedangkan 7 siswa atau 28% belum mencapai KKM. Dari persentase
tersebut, ketuntasan nilai yang diperoleh sebesar 74,72. 2) Pada aspek
keterampilan, terdapat 22 siswa atau 88% telah mencapai KKM yang ditetapkan,
sedangkan 3 siswa atau 12% belum mencapai KKM sehingga diperoleh nilai rata�rata kelas sebesar 82,88. Dengan demikian, penerapan metode RT-BT (Rountable
Berbasis Teks) dalam pembelajaran menulis teks dialog berbahasa Jawa siswa
kelas VIII A2 dapat memberikan pengaruh terhadap ketercapaian tujuan
pembelajaran yang ditentukan

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 14 Mar 2024 07:00
Last Modified: 14 Mar 2024 07:00
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/2809

Actions (login required)

View Item
View Item