ANALISIS HASIL BELAJAR IPS MATERI AKTIVITAS EKONOMI DENGAN MODEL DISCOVERY LEARNING PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI CURUG

DANIAR, MOULIDYA (2022) ANALISIS HASIL BELAJAR IPS MATERI AKTIVITAS EKONOMI DENGAN MODEL DISCOVERY LEARNING PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI CURUG. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.

[thumbnail of MOULIDYA DANIAR 17120365.pdf] Text
MOULIDYA DANIAR 17120365.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

MOULIDYA DANIAR. NPM 17120365. “Analisis Hasil Belajar IPS
materi Aktivitas Ekonomi dengan Model Discovery Learning pada siswa kelas IV
SD Negeri Curug”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Semarang. Universitas PGRI
Semarang. 2021.
Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah menganalisis hasil
belajar materi aktivitas ekonomi dengan model discovery learning. Permasalahan
dalam penelitian ini adalah Menganalisis hasil belajar IPS materi aktivitas
ekonomi dengan model discovery learning, Tujuan dalam penelitian ini yaitu
bagaimanakah hasil belajar IPS materi aktivitas ekonomi dengan model discovery
learning pada siswa kelas IV SD Negeri Curug.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Populasi penelitian adalah
seluruh siswa kelas IV SD Negeri Curug. Sampel yang diambil adalah 4 siswa
kelas IV. Data penelitian ini melalui observasi, wawancara dan dokumentasi.
Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan yaitu bahwa analisis
belajar IPS menggunakan model discovery learning dapat mengembangkan cara
siswa aktif dalam pembelajaran, adanya model pembelajaran discovery learning
hasil belajar siswa mencapai indikator kinerja penelitian yang diharapkan KKM
yaitu 70 dari jumlah siswa sebanyak 28 siswa terdapat 19 siswa mendapat nilai
diatas 70. Hal ini dibuktikan dari hasil wawancara yang telah dilakukan peneliti
kepada kepala sekolah, guru, dan siswa yang semua menyatakan bahwa dengan
adanya pembelajaran model discovery dearning siswa dapat mudah memahami
materi pembelajaran IPS dan hasil belajar lebih baik.
Saran yang dapat disampaikan adalah supaya pembelajaran tidak
membosankan sebagai salah satu alternatif guru adalah menggunakan model
pembelajaran yang lain, seperti media pembelajaran youtube dapat meningkatkan
hasil belajar siswa terhadap pembelajaran IPS.
Kata Kunci: Discovery Learning, Hasil belajar IPS

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 14 Mar 2024 06:55
Last Modified: 14 Mar 2024 06:55
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/2806

Actions (login required)

View Item
View Item