PENINGKATAN KEMAMPUAN SAINS PADA ANAK MELALUI METODE EKSPERIMEN DI TK KEMALA BHAYANGKARI 01 SEMARANG TAHUN AJARAN 2021/2022

WARDANI, DWI KUSUMA (2022) PENINGKATAN KEMAMPUAN SAINS PADA ANAK MELALUI METODE EKSPERIMEN DI TK KEMALA BHAYANGKARI 01 SEMARANG TAHUN AJARAN 2021/2022. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of DWI KUSUMA 19156166 .pdf] Text
DWI KUSUMA 19156166 .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

DWI KUSUMA WARDANI, NPM 19156166. “Peningkatan Kemampuan Sains
Pada Anak Melalui Metode Esperimen Di TK Kemala Bhayangkari 01 Semarang
Tahun Ajaran 2021/2022” Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan
Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Semarang.
Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah rendahnya
kemampuan sains anak, kurangnya anak untuk berpikir kritis dan kreatif dalam
memecahkan masalah dan mengetahui sebab akibatnya hal tersebut, sehingga
menimbulkan kemampuan sains anak kurang maksimal. Tujuan yang hendak
dicapai dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan sains anak
melalui metode eksperimen pada anak kelompok B di TK Kemala Bhayangkari 01
Semarang Tahun ajaran 2021/2022.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian
tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan pada semester II selama 6
pertemuan selama 2 minggu dari tanggal 27 April sampai 19 Mei 2022. Subyek
penelitian ini adalah anak kelompok TK B yang berjumlah 26 anak. Prosedur
penelitian menggunakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 2 siklus. Tiap
siklus terdiri dari empat tahanapan yaitu 1) membuat perencanaan, 2) melakukan
tindakan, 3) mengadakan pengamatan tindakan, 4) merefleksi hasil pengamatan
tindakan., setiap siklus dilaksanakan 3 kali percobaan. Data yang telah
dikumpulkan dalam penelitian tersebut dianalisis menggunakan Teknik diskriptif
kualitatif.
Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan
sains anak dapat ditingkatkan dengan menggunakan metode eksperimen. Hal ini
dibuktikan dengan meningkatnya jumlah anak yang mempunyai ketrampilan
proses sains dalam setiap kali pertemuan baik dalam siklus I maupun siklus II.
Pada awal tindakan terdapat 3 anak atau 12 % yang kemampuan sains anak
dengan penilaian berkembang sangat baik. Sedangkan akhir tindakan 22 anak atau
84% yang sudah menunjukkan keterampilan proses sains dengan kriteria
berkembang sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat
ditarik kesimpulan bahwa kemampuan sains anak kelompok B TK Kemala
Bhayangkari 01 Semarang Tahun Ajaran 2021/2022 dapat ditingkatkan dengan
menggunakan metode eksperimen.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 14 Mar 2024 06:52
Last Modified: 14 Mar 2024 06:52
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/2804

Actions (login required)

View Item
View Item