WULANDARI, MEYLINA RISKI (2022) STRATEGI GURU BK DALAM MEMBERIKAN LAYANAN UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR PADA MASA PANDEMI DI SMK TEXMACO PEMALANG. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.
MEYLINA RISKI WULANDARI 17110010.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract
MEYLINA RISKI WULANDARI. NPM 17110010. Strategi Guru Bk Dalam
Memberikan Layanan Untuk Meningkatkan Minat Belajar Pada Masa Pandem
Di SMK Texmaco Pemalang. Skripsi, Program Studi Bimbingan dan Konseling
Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Semarang. Dosen pembimbing 1
bapak Dr. Heri Saptadi Ismanto, SPd., M.Pd.,Kons. Dan Dosen Pembimbing 2
bapak Dr. G. Rohastono Ajie, M.Pd.
Fakta yang ada di sekolah menunjukan data siswa di SMK Texmaco
Pemalang mengalami minat belajar yang rendah. Teknik pengumpulan data
dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Dari hasil wawancara
dengan guru BK mengatakan bahwa siswa mengalami kemalasan dalam
mengikuti kegiatan belajar di masa pandemi yang dilaksanakan secara daring atau
online. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi guru BK dalam
memberikan layanan untuk meningkatkan minat belajar siswa pada masa
pandemi. Sample yang diambil adalah masyarakat dilingkungan SMK Texmaco
Pemalang diantaranya 2 Guru BK, 1 Koordinator BK, Kepala Sekolah dan 3 siswa
XII TKJ 3.Hasil penelitian menunjukan bahwa strategi yang dilakukan oleh guru
BK dalam meningkatkan minat belajar siswa pada masa pandemi covid-19
sebagai berikut; Guru BK terlibat dalam memantau siswa pada saat proses
pembelajaran dengan cara bergabung pada setiap media pembelajaran serta
bekerja sama dengan guru mapel untuk memantau setiap perkembangan siswa
ketika mengikuti kegiatan pembelajaran secara daring. Selain itu, guru BK juga
bekerja sama dengan orang tua / wali murid agar tetap memantau setiap kegiatan
siswa selama dirumah dan juga memantau siswa agar tetap belajar walaupun pada
masa pandemi.Dengan adanya strategi-strategi yang dilakukan oleh guru BK
dapat membangkitkan minat belajar siswa dan tetap mengikuti kegiatan
pembelajaran pada masa pandemi. Hasil yang didapat dalam penelitian ini yaitu
pembelajaran masa pandemi terlaksana dengan baik dengan adanya komunikasi
dan kerjasama antara guru, orang tua maupun wali murid. Komunikasi dan
kerjasama yang baik diperlukan untuk mengetahui informasi lebih lanjut
mengenai perkembangan siswa pada saat mengikuti kegiatan pembelajaran daring
selama masa pandemi.
Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang dapat disampaikan adalah
mengharapkan agar guru BK di SMK Texmaco Pemalang mengikuti kegiatan
seperti seminar, Workshop atau yang lain untuk menambah pengetahuan dan
dapat menerapkan layanan yang jauh lebih lagi untuk meningkatkan minat belajar
khususnya pada masa pandemi.
Kata kunci; Strategi Guru BK, Minat Belajar
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 14 Mar 2024 06:51 |
Last Modified: | 14 Mar 2024 06:51 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/2803 |