LESTARI, LINDA AYU PUJI (2022) ANALISIS KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA KELAS IV PADA MATERI SEGI BANYAK DI SD NEGERI KEDUNGMULYO KABUPATEN PATI. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.
LINDA AYU PUJI LESTARI 18120035.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (4MB)
Abstract
LINDA AYU PUJI LESTARI. NPM 18120035 “Analisis Kemampuan
Penalaran Matematis Siswa Kelas IV pada Materi Segi Banyak di SD Negeri
Kedungmulyo Kabupaten Pati”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah
Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Semarang. 2022
Latar belakang dalam penelitian ini yaitu kurangnya pemahaman konsep
siswa dalam pembelajaran matematika, seperti siswa kesulitan untuk menentukan
rumus dalam mengerjakan soal matematika atau siswa tidak menghafal rumus
dalam pelajaran matematika. Permasalahan tersebut berkaitan erat dengan
rendahnya kemampuan penalaran matematis yang dimiliki oleh siswa. Pentingnya
kemampuan penalaran akan dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam
menyelesaikan permasalahan matematika.
Fokus dalam penelitian ini yaitu kemampuan penalaran matematis.
Dengan pertanyaan bagaimanakah kemampuan penalaran matematis siswa kelas
IV pada materi segi banyak di SDN Kedungmulyo Kabupaten Pati?. Tujuan
dalam penelitian ini yaitu menganalisis kemampuan penalaran matematis siswa
kelas IV pada materi segi banyak di SDN Kedungmulyo Kabupaten Pati.
Pendekatan dalam penelitian ini yaitu pendekatan kualitatif dengan metode
penelitian deskriptif. Sumber data dalam penelitian ini yaitu siswa kelas IV yang
berjumlah 22 siswa. Dari 22 siswa yang mengikuti tes, hanya 9 siswa terpilih
dilakukan wawancara yaitu 3 siswa dengan kemampuan tinggi, 3 siswa dengan
kemampuan sedang, dan 3 siswa dengan kemampuan rendah. Pada penelitian ini
data diperoleh dari hasil tes, wawancara, dan dokumentasi. Keabsahan data yang
digunakan dalam penelitian ini yaitu triangulasi teknik.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan penalaran matematis
siswa pada materi segi banyak untuk kategori sangat tinggi sebesar 13,63% atau
terdapat 3 siswa, kategori tinggi sebesar 31,81% atau terdapat 7 siswa, kategori
sedang sebesar 40,90% atau terdapat 9 siswa, kategori rendah sebesar 13,63%
atau terdapat 3 siswa, dan kategori sangat rendah sebesar 0% atau terdapat 0
siswa. Secara umum nilai rata-rata kemampuan penalaran matematis siswa pada
materi segi banyak tergolong dalam kategori sedang.
Berdasarkan hasil penelitian, adapun saran yang dapat diberikan yaitu
untuk meningkatkan kemampuan bernalar matematis siswa, sebaiknya guru sering
melatih siswa untuk mengerjakan soal-soal yang mengarah pada kemampuan
penalaran matematis dan meningkatkan level soal matematika yang akan
diberikan kepada siswa, seperti memberikan soal berbasis pemecahan masalah
yang memiliki keterkaitan dengan kehidupan sehari-hari.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 14 Mar 2024 06:44 |
Last Modified: | 14 Mar 2024 06:45 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/2797 |