ANALISIS KEMAMPUAN MEMBACA MELALUI METODE BERCERITA PADA ANAK USIA 5–6 TAHUN DI TK AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL 21 SEMARANG

ASTILIA, AKHTARI (2022) ANALISIS KEMAMPUAN MEMBACA MELALUI METODE BERCERITA PADA ANAK USIA 5–6 TAHUN DI TK AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL 21 SEMARANG. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of AKHTARI ASTILIA 18150020.pdf] Text
AKHTARI ASTILIA 18150020.pdf

Download (1MB)

Abstract

AKHTARI ASTILIA. NPM 18150020. “Analisis Kemampuan Membaca
Melalui Metode Bercerita Pada Anak Usia 5-6 Tahun di TK Aisyiyah Bustanul
Athfal 21 Semarang”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak
Usia Dini Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Semarang. Universitas
PGRI Semarang. 2022.
Latar belakang yang mendorong penelitian ini yaitu mengenai kemampuan
membaca anak yang bisa meningkat melalui metode bercerita baik bercerita
melalui alat peraga atau tidak menggunakan alat peraga. Hal tersebut disebabkan
karena pemanfaatan gadget yang terlalu berlebihan dan tidak digunakan sebagai
mana mestinya belajar.
Permasalahan dalam penelitian ini
adalah bagaimana kemampuan
membaca anak melalui metode bercerita pada anak usia 5-6 tahun di TK Aisyiyah
Bustanul Athfal 21 Semarang?. Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini
adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis kemampuan membaca anak
melalui metode bercerita pada anak usia 5-6 tahun di TK Aisyiyah Bustanul
Athfal 21 Semarang.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Data dalam
penelitian ini diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukan bahwa Metode Bercerita ini telah menjadi
metode untuk stimulasi bagi kemampuan membaca pada anak seperti halnya
mengenal huruf, mengenal angka, mengenal kata-kata yang banyak keluar dari
buku cerita, serta anak mampu menghitung jumlah gambar yang terdapat didalam
buku cerita/ dongeng dan anak mampu memahami kalimat/perintah dan bahasa-
bahasa yang terdapat dalam buku cerita.
Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang dapat disampaikan adalah
peran orang tua dan guru sangat dibutuhkan oleh anak, saat melaksanakan
kegiatan membaca pada anak. Selain itu, menanamkan pengertian bahwa metode
bercerita sangatlah penting untuk meningkatkan kemampuan membaca pada anak.
Memberikan lingkungan pembelajaran anak senyaman mungkin agar anak bisa
merasa bahagia dan semangat untuk melakukan kegiatan pembelajaran.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 14 Mar 2024 06:42
Last Modified: 14 Mar 2024 06:42
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/2796

Actions (login required)

View Item
View Item