UPAYA MENINGKATAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS ANAK USIA DINI MELALUI PERMAINAN PLAYDOUGH PADA KELOMPOK B DI TK PGRI 44

MARIATI, MARIATI (2022) UPAYA MENINGKATAN KEMAMPUAN MOTORIK HALUS ANAK USIA DINI MELALUI PERMAINAN PLAYDOUGH PADA KELOMPOK B DI TK PGRI 44. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of mariati 19156138.pdf] Text
mariati 19156138.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK
MARIATI. NPM 19156138. “Upaya Meningkatkan Kemampuan motorik halus Anak Usia
Dini Melalui Permainan Play Dough pada Kelompok B TK pgri 44 Tahun Pelajaran 2020/2021”.
Penelitian ini dilatarbelakangi masih rendahnya kemampuan motorik halus pada anak
kelompok B TK PGRI 44Semarang. Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan
motorik halus melalui metode bercerita. Metode bercerita yang digunakan dibatasi pada tema
binatang dengan sub tema gajah.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian adalah anak
didik kelompok B Tk PGRI 44 Semarang yang berjumlah 15 anak. Obyek penelitian ini adalah
kemampuan motorik halus anak melalui permainan play dough. Metode pengumpulan data yang
digunakan adalah observasi wawancara,tanya jawab. Instrumen yang digunakan adalah pedoman
observasi. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatanbermain play dough yang dilakukan melalui
stimulasi bercerita. Tindakan tersebut dapat meningkatkan kemampuan motorik halus anak. Pada
saat dilakukan observasi pra tindakan, pada indikator bermain play dough sebesar 0% masih
menunjukkan bahwa hasil pelaksanaan masih kurang dari indikator keberhasilan yang ditentukan
berada pada kriteria kurang sekali, pada Siklus I indikator motorik halus melalui permainan play
dough sebesar 60,4% menunjukkan adanya peningkatan namun belum mencapai indikator yang
ditentukan karena masih berada pada kriteria berkembang sesuai harapan dan pada Siklus II
indikator motorik halus melalui permainan play dough sebesar 53,6,6%. Perolehan persentase pada
Siklus II menunjukkan bahwa kemampuan anak TK B dalam bermain play dough dengan kriteria
sangat baik telah mencapai indikator keberhasilan sebesar 66,6% dan pelaksanaan penelitian
dihentikan. Secara umum dapat disimpulkan bahwa bermain play dough dapat meningkatkan
kemampuan motorik halus.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penelitian telah berhasil dilakukan dan
kemampuan motorik halus anak dalam bermain playdough pada kelompok B di TK PGRI
44 Semarang dapat ditingkatkan melalui metode bercerita.
Kata kunci : Pengaruh Bermain Playdough Terhadap Kemampuan Motorik Halus
Anak Usia 5-6 Tahun

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 14 Mar 2024 06:39
Last Modified: 14 Mar 2024 06:39
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/2793

Actions (login required)

View Item
View Item