SETYOWATI, MARIA INDAH (2022) UPAYA MENINGKATKAN KREATIVITAS ANAK MELALUI METODE BERMAIN TANAH LIAT TK B DI TK ISLAM AL HIDAYAH MRANGGEN-DEMAK TAHUN AJARAN 2021/2022. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
Maria Indah Setyowati 19156163.pdf
Download (1MB)
Abstract
ABSTRAK
MARIA INDAH SETYOWATI, NPM 19156163. “ Upaya Meningkatkan
Kreativitas Anak Melalui Metode Bermain Tanah Liat TK B di TK Islam Al
Hidayah Mranggen-Demak Tahun Ajaran 2021/2022”. Skripsi Progaram Studi
Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Pendidikan
UNIVERSITAS PGRI Semarang 2022.
Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah rendahnya
kemampuan kreativitas anak, kurangnya keinnginan anak untuk menciptakan hal
baru da ketidakmampuannya dalam bereksplorasi dan berimajinasi, sehingga
kreativitas pada anak kurang maksimal. Tujuan yang hendak dicapai dalam
penelitian ini adalah untuk meningkatkan kreativitas anak melalui kegiatan bermain
dengan tanah liat TK B di TK Islam Al Hidayah Mranggen-Demak Tahun Ajaran
2021/2022.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif
tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan pada semester II selama 6
pertemuan dalam 2 minggu yang di mulai dari tanggal 25 Maret 2022 sampai
dengan 8 April 2022. Subyek penelitian adalah anak kelompok B yang berjumlah
15 siswa yang terdiri dari 7 anak perempuan dan 8 anak laki-laki. Prosedu
penelitian menggunakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 2 dua siklus.
Tiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu 1) membuat perencanaan, 2) melakukan
tindakan, 3)mengadakan pengamatan tindakan, 4) merefleksi hasil pengamatan
tindakan, setiap siklus dilaksanakan dalam 3 kali pertemuan. Data yang telah
dikumpulkan dalam penelitian tersebut dianalisis dengan menggunakan Teknik
diskriptif kualitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan kreativitas dapat
ditingkatkan dengan menggunakan metode bermain tanah liat. Hal ini dibuktikan
dengan meningkatnya jumlah anak yang mempunyai kreativitas dalam setiap kali
pertemuan baik dalam siklus I maupun siklus II. Pada awal tindakan terdapat 2 anak
(13%) yang kreativitasnya dalam membentuk dengan penilaian berkembang sesuai
harapan. Sedangkan akhir tindakan terdapat 12 anak (80%) yang sudah
menunjukkan kreativitas membentuknya dengan penilaian berkembang sangat
baik. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat ditarik kesimpulan bahwa
kreativitas anak di TK Islam Al Hidayah Mranggen Demak Tahun Ajaran
2021/2022 dapat ditingkatkan dengan menggunakan metode bermain tanah liat
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 14 Mar 2024 06:21 |
Last Modified: | 14 Mar 2024 06:21 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/2786 |