PENGARUH PEMBERIAN REWARD TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS IV SD FILADELFIA KEC.BERASTAGI KAB.KARO ……DI MASA PANDEMI COVID-19

HARTATI, MEGA (2022) PENGARUH PEMBERIAN REWARD TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS IV SD FILADELFIA KEC.BERASTAGI KAB.KARO ……DI MASA PANDEMI COVID-19. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.

[thumbnail of MEGA HARTATI 17120391.pdf] Text
MEGA HARTATI 17120391.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Mega Hartati. NPM 17120391. “Pengaruh Pemberian Reward Terhadap
Motivasi Belajar Siswa Kelas IV SD Filadelfia Kec. Berastagi Kab. Karo di Masa
Pandemi Covid-19”. Skripsi. Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu
Pendidikan. Universitas PGRI Semarang. Dosen Pembimbing I : Diana Endah
Handayani, S.Pd., M.Pd. dan Dosen Pembimbing II : Mei Fita Asri Untari, S.Pd.,
M.Pd. Juni 2022.
Pembelajaran jarak jauh untuk mencegah penularan virus covid-19
mempengaruhi motivasi belajar siswa. Hal ini dikarenakan kurangnya
pendampingan siswa, singkatnya waktu pertemuan. Seseorang yang tidak
memiliki motivasi dalam belajar, tidak akan mungkin melakukan aktivitas belajar.
Pemberian reward dikatakan mampu menjadi salah satu cara alternatif untuk
meningkatkan motivasi belajar.
Penelitian ini memiliki rumusan masalah dan tujuan penelitian untuk
mengetahui pengaruh pemberian reward terhadap motivasi belajar siswa kelas IV
SD Filadelfia Kec.Berastagi Kab.Karo di masa pandemi.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, objek dalam penelitian ini
merupakan siswa kelas IV SD yang berjumlah 17 orang. Penelitian ini
menggunakan One-Grup Pretest-Posttest Design. Data dalam penelitian ini
diperoleh mlalui tes tertulis, observasi dan angket.
Hasil perhitungan menggunakan aplikasi SPSS 20 dari data yang
ditemukan dalam penelitian ini bahwa reward berpengaruh sebesar 0,01%
terhadap motivasi belajar siswa kelas IV SD Filadelfia. Dimana, nilai signifikansi
0,910 > 0,05 dan nilah Fhitung (0,013) < Ftabel (4,60), maka dimpulkan bahwa
pemberian reward tidak berpengaruh terhadap motivasi belajar siswa.
Berdasarkan dari hasil penelitian tersebut, untuk peneliti selanjutnya
disarnkan untuk mencoba menerapkan metode ini kembali dengan menambahkan
metode alternatif lain sehingga menemukan pengaruh agar motivasi belajar siswa
tetap terjaga.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 14 Mar 2024 06:41
Last Modified: 14 Mar 2024 06:41
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/2782

Actions (login required)

View Item
View Item