ANALISIS PEMANFAATAN YOUTUBE SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN DALAM TEMA 7 SUBTEMA 1 KELAS IV SDN JATINGALEH 02 SEMARANG

Komariyah, Komariyah (2022) ANALISIS PEMANFAATAN YOUTUBE SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN DALAM TEMA 7 SUBTEMA 1 KELAS IV SDN JATINGALEH 02 SEMARANG. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.

[thumbnail of KOMARIYAH  17120261.pdf] Text
KOMARIYAH 17120261.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

KOMARIYAH. NPM 17120261. “Analisis Pemanfaatan Youtube sebagai Media
Pembelajaran dalam Tema 7 Subtema 1 Kelas IV SDN Jatingaleh 02 Semarang”.
Skripsi, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu
pendidikan.Universitas PGRI Semarang. Pembimbing 1 Ikha Listyarini, S.Pd.,
M.Hum. Pembimbing II Henry Januar Saputra, S.Pd., M.Pd. 2022.
Latar belakang yang mendasari penelitian ini adalah munculnya wabah
pandemi covid-19, sehingga menerapkan pembelajaran dilaksanakan dari rumah
melalui pembelajaran dalam jaringan (daring). Guru memanfaatan youtube sebagai
media pembelajaran tematik untuk mendukung proses pembelajaran dari rumah
secara daring, karena keterbatasan guru dalam menyediakan video pembelajaran.
Fokus penelitian ini adalah 1) Bagaimana pemanfaatan youtube sebagai
media pembelajaran tematik di SDN Jatingaleh 02 Semarang ? 2) Bagaimana peran
guru dalam memanfaatkan youtube sebagai media pembelajaran kelas IV di SDN
Jatingaleh 02 Semarang ? 3) Bagaimana dampak dari pemanfaatan youtube sebagai
media pembelajaran bagi siswa kelas IV di SDN Jatingaleh 02 Semarang ?.
Jenis penelitian adalah penelitian kualitatif deskriptif. Lokasi penelitian di
SDN Jatingaleh 02 Semarang. Subyek penelitian meliputi guru kelas IV dan siswa
kelas IV SDN Jatingaleh 02 Semarang. Penelitian ini dilakukan dengan teknik
pengumpulan data melalui wawancara, observasi, angket peserta didik, dan
dokumentasi.
Hasil penelitian yang dilakukan adalah tahapan dalam pemanfaatan youtube
sebagai media pembelajaran yaitu 1) perencanaan, sebelum menggunakan media
pembelajaran
dibutuhkan
perencanaan
dengan
membuat
RPP
dan
membuat/memilih video pembelajaran yang sesuai dengan meteri pembelajaran, 2)
pelaksanaan, pemanfaatan media pembelajaran youtube dapat dilakukan dengan
menampilkan saat pembelajaran dan dibagikan melalui grup WhatsApp. Proses
pembelajaran dengan pemanfaatan youtube sebagai media pembelajaran
memerlukan peran guru dalam merancang kegiatan pembelajaran dan menyediakan
pembelajaran yang menarik agar tercapainya tujuan pembelajaran. Pemanfaatan
youtube sebagai media pembelajaran juga memberikan dampak yang positif bagi
peserta didik yaitu dapat menstimulus pembelajaran, dapat menciptakan suasana
belajar yang nyaman, dapat meningkatkan motivasi belajar, dapat meningkatkan
kefokusan belajar, dapat meningkatkan wawasan dan pengetahuan.
Saran yang dapat disampaikan kepada guru adalah untuk menggunakan
media pembelajaran yang menarik guru dapat memanfaatkan youtube sebagai
media pembelajaran dengan memaksimalkan penggunaan fitur-fitur yang telah
tersedia pada youtube.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 14 Mar 2024 04:46
Last Modified: 14 Mar 2024 04:46
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/2776

Actions (login required)

View Item
View Item