PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS V SDN 3 BANGKLEYAN BLORA

TYAS, KHUSNUL ESTINING (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS V SDN 3 BANGKLEYAN BLORA. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.

[thumbnail of KHUSNUL ESTINING TYAS 18120089.pdf] Text
KHUSNUL ESTINING TYAS 18120089.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

KHUSNUL ESTINING TYAS. NPM 18120089. “Pengaruh Model Pembelajaran
Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Kelas V SDN 3
Bangkleyan Blora”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Semarang.Universitas PGRI
Semarang. Dosen Pembimbing I: Aries Tika Damayani, S.Pd., M.Pd dan Dosen
Pembimbing II: Intan Rahmawati, S.Pd., M.Pd. April 2022
Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar
matematika dan kurang tertarik pada pembelajaran matematika. Hal tersebut
disebabkan oleh peserta didik yang mengganggap matematika merupakan
pelajaran yang sulit dan model pembelajaran yang digunakan guru masih
monoton.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh Problem
Based Learning terhadap hasil belajar matematika kelas V pada materi skala dan
denah di SDN 3 Bangkleyan Blora? Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian
ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh Problem Based Learning
terhadap hasil belajar matematika kelas V pada materi skala dan denah di SDN 3
Bangkleyan Blora.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain penelitian
quasi eksperimen dengan jenis Nonequivalent Control Group Design. Populasi
pnelitian adalah seluruh peserta didik kelas V SDN 3 Bangkleyan tahun pelajaran
2021/2022. Sampel yang diambil adalah semua anggota populasi dengan teknik
Nonprobability Sampling. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui tes,
observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Hasil penelitian menyatakan bahwa rata-rata hasil belajar matematika peserta
didik sebesar 81,24 pada kelas eksperimen dan sebesar 68,72 pada kelas kontrol,
nilai uji-t diperoleh thitung ˃ ttabel karena 4,318 ˃ 2,010 artinya terdapat
perbedaan yang signifikan rata-rata hasil belajar matematika antara kelas
eksperimen dan kelas kontrol sesudah perlakuan. Kesimpulan dalam penelitian ini
adalah ada pengaruh positif penggunaan model Problem Based Learning terhadap
hasil belajar matematika pada kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol
yang menggunakan model pembelajaran konvensional.
Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang dapat disampaikan adalah supaya
model pembelajaran Problem Based Learning dapat digunakan sebagai salah satu
alternatif guru dalam mengajar.
Kata Kunci: Hasil Belajar; Matematika; Problem Based Learning

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 14 Mar 2024 04:37
Last Modified: 14 Mar 2024 04:37
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/2773

Actions (login required)

View Item
View Item