PENGARUH MODEL NUMBERED HEAD TOGETHER BERBANTU MEDIA BIG BOOK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV TEMA INDAHNYA KEBERSAMAAN DI SD NEGERI LARANGAN 02

BAETY, KHARISMA NUR (2022) PENGARUH MODEL NUMBERED HEAD TOGETHER BERBANTU MEDIA BIG BOOK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV TEMA INDAHNYA KEBERSAMAAN DI SD NEGERI LARANGAN 02. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.

[thumbnail of KHARISMA NUR BAETY 18120017.pdf] Text
KHARISMA NUR BAETY 18120017.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

KHARISMA NUR BAETY. NPM 18120017 “Pengaruh Model
Numbered Head Together Berbantu Media Big Book Terhadap Hasil Belajar
Siswa Kelas IV Tema Indahnya Kebersamaan Di SD Negeri Larangan 02”.
Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan
Universitas PGRI Semarang. 2022. Dosen Pembimbing 1: Veryliana Purnamasari,
S.Pd., M.Pd. Dosen Pembimbing 2: Fine Reffiane, S.Pd., M.Pd.
Latar Belakang yang mendorong penelitian ini adalah rendahnya hasil
belajar siswa, hal ini disebabkan kurangnya penerapan model pembelajaran serta
penggunaan media pembelajaran saat mengajar.
Permasalahan penelitian ini adalah bagaimana pengaruh model numbered
head together berbantu media Big Book terhadap hasil belajar siswa kelas IV SD
Negeri Larangan 02 Kecamatan Larangan Kabupaten Brebes? Sedangkan tujuan
dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh model numbered
head together berbantu media Big Book terhadap hasil belajar siswa kelas IV SD
Negeri Larangan 02 Kecamatan Larangan Kabupaten Brebes?
Jenis penelitian ini adalah Penelitian kuantitatif dengan jenis metode
eksperimen kuantitatif dan menggunakan desain penelitian One Group Pretest
Posttest. Populasi yang dijadikan objek penelitian adalah siswa kelas IV tahun
ajaran 2022/2023. Teknik pengambilan data berdasarkan pengamatan dan hasil
belajar siswa.
Hasil penelitian menunjukan peningkatan hasil belajar tanpa diberi
perlakuan menggunakan model numbered head together berbantu media big book
dengan menggunakan model numbered head together berbantu media big book
mengalami perbedaan. Rata-rata hasil belajar tanpa diberi perlakuan adalah 57,95
dengan presentase ketuntasan hasil belajar siswa mencapai 18%. Rata-rata hasil
belajar dengan menggunakan model numbered head together berbantu media big
book adalah 81,36% dengan presentase ketuntasan hasil belajar siswa mencapai
95%. Hal ini dapat dibuktikan dengan menggunakan hasil analisis uji t yaitu thitung
sebesar 6,550 dan ttabel sebesar 2,042 dengan taraf 5% sehingga nilai thitung>ttabel
yaitu 6,550 > 2,042 yang artinya H0 ditolak dan Ha diterima. Maka dapat
disimpulkan bahwa pembelajaran menggunakan model numbered head together
berbantu media big book dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV tema
indahnya kebersamaan di SD Negeri Larangan 02

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 14 Mar 2024 04:30
Last Modified: 14 Mar 2024 04:30
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/2768

Actions (login required)

View Item
View Item