UTAMI, DESI TRI (2022) POLA ASUH ORANG TUA DALAM MENDAMPINGI ANAK BELAJAR DI RUMAH SELAMA PANDEMI COVID-19 PADA KELAS IV DI SD NEGERI SUMBEREJO 2 BONANG DEMAK. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
DESI TRI UTAMI 17120319.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (10MB)
Abstract
DESI TRI UTAMI. NPM 1712039. “Pola Asuh Orang Tua dalam Mendampingi
Anak Belajar di Rumah Selama Pandemi Covid-19 Pada kelas IV di SD Negeri
Sumberejo 2 Bonang Demak”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah
Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas PGRI Semarang. 2022. Pembimbing
I Husni Wakhyudin, S.Pd., M.Pd. dan Pembimbing II Mira Azizah, S.Pd., M.Pd.
Penelitian ini membahas tentang pola asuh orang tua dalam pendampingan
belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan tentang bagaimana pola
asuh orang tua dalam mendampingi anak belajar di rumah selama pandemic
covid-19 di SD Negeri Sumberejo 2 Bonang Demak.
Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Subjek dalam penelitian ini
adalah wali kelas IVB, 20 orang tua siswa, 20 siswa kelas IVB penelitian
dilaksanakan secara langsung di sekolah dan dengan mengunjungi langsung ke
rumah siswa dan orang tua siswa dengan menggunakan teknik pengumpulan data
berupa wawancara, observasi, dokumentasi.
Berdasarkan hasil dari analisis dan pemabahasan dapat disimpulkan
permasalahan dalam penelitian ini banyaknya keluh kesah dari orang tua siswa
dengan diadakannya pembelajaran daring selama pandemic covid-19.
Problematika yang dihadapi orang tua dalam pendampingan belajar: orang tua
belum bisa mendampingi anak karena terhambat pekerjaan dan kesibukan masing�masing, keterbatasan pemahaman materi, keterbatasan ekonomi, terganggunya
jaringan internet, dan ketidak kondusifan karena banyaknya anggota keluarga.
Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang dapat disampaikan adalah
diharapkan guru menjalin komunikasi yang baik dengan orang tua siswa agar
mereka dapat mendampingi anaknya selama pembelajaran daring serta menjalin
Kerjasama untuk mencari inovasi dalam pembelajaran agar membuat anak tetap
semangat belajar. Dan menjalin kerja sama yang baik antara orang tua dan anak
sehingga anak mampu memahami materi dan tugas saat pembelajaran
dilaksanakan secara daring.
Kata Kunci: pola asuh, pendampingan belajar, covid-19
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 14 Mar 2024 04:28 |
Last Modified: | 14 Mar 2024 04:28 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/2767 |