INGGRIASUKMA, AISNA DEVY (2022) ANALISIS PERSEPSI PESERTA DIDIK KELAS VI SD NEGERI ANGKATANLOR 03 TERHADAP NILAI KARAKTER DALAM FILM NEGERI 5 MENARA KARYA AHMAD FUADI. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
AISNA DEVY 17120109.pdf
Download (7MB)
Abstract
AISNA DEVY INGGRIASUKMA. NPM 17120109. “Analisis Persepsi Peserta
Didik Kelas VI SD Negeri Angkatanlor 03 Terhadap Nilai Karakter dalam Film
Negeri 5 Menara Karya Ahmad Fuadi”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru
Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas PGRI Semarang. 2021.
Pembimbing I Ervina Eka Subekti, S.Si., M.Pd. Pembimbing II Drs. Suyitno, YP,
M.Pd. November. 2021.
Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah diera globalisasi
yang semakin maju banyaknya generasi muda penerus bangsa yang meniru
budaya barat sehingga nilai yang ada pada diri mereka hilang. Maka dari itu
media film atau televisi memberikan edukasi mengenai nilai karakter didalamnya.
Namun ada pula menilai film yang ditayangkan tidak mengandung nilai karakter
didalamnya. Terjadi persepsi bahwa di dalam penayangan film atau televisi ada
nilai karakter didalamnya dan ada yang menilai tidak ada nilai karakter.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah 1) bagaimanakah persepsi
peserta didik kelas VI SD Negeri Angkatanlor 03 terhadap nilai karakter yang
terdapat dalam film Negeri 5 Menara karya Ahmad Fuadi. 2) bagaimana sikap
pesera didik kelas VI SD Negeri Angkatanlor 03 yang menggambarkan nilai
karakter yang terdapat dalam film Negeri 5 Menara karya Ahmad Fuadi?.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Sumber data
dibedakan menjadi dua yaitu sumber data primer dan sekunder. Sumber data
primer mengenai analisis nilai karakter dalam film Negeri 5 Menara. Sumber data
sekunder dari hasil angket peserta didik dan wawancara peserta didik kelas VI dan
guru. Pengumpulan data pada penelitian ini adalah angket, wawancara, dan
dokumentasi.
Hasil
penelitian
ini
menunjukkan
peneliti
setelah
menganalisis
menemukan 16 nilai karakter didalam film Negeri 5 Menara. Angket persepsi
tentang film tersebut peserta didik paham bahwa dalam film tersebut terdapat nilai
karakter
didalamnya.
Hasil
wawancara
dengan
peserta
didik
telah
menggambarkan 18 nilai karakter dalam kehidupan sehari-harinya. Hasil
wawancara peserta didik dikonfirmasi dan diperkuat dengan wawancara dengan
guru kelas VI, menjelaskan bahwa semua peserta didik kelas VI sudah
menunjukkan 18 nilai karakter.
Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang dapat disampaikan adalah
Guru mampu memberikan media pembelajaran yang bervariasi seperti media film,
peserta didik mampu mencontoh sisi positif atau nilai karakter yang baik supaya
dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-harinya.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 14 Mar 2024 04:27 |
Last Modified: | 14 Mar 2024 04:27 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/2765 |