ROBICH, JIHAN NAILY (2022) PENGARUH METODE PEMBELAJARAN BUZZ GROUP BERBANTU MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR SISWA PADA MATERI PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN KELAS 1 SDN KALIALANG. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.
JIHAN NAILY ROBICH 18120275.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract
JIHAN NAILY ROBICH. NPM 18120275. “Pengaruh Metode
Pembelajaran Buzz Group Berbantu Media Audio Visual Terhadap Keaktifan
Belajar Siswa Pada Materi Penjumlahan dan Pengurangan Kelas 1 SDN
Kalialang”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu
Pendidikan Universitas PGRI Semarang. 2022. Dosen Pembimbing I : Mira
Azizah, S.Pd., M.Pd. Dosen Pembimbing II : Choirul Huda, M.Si., M.Pd.
Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah rendahnya keaktifan
belajar siswa dalam sebuah proses pembelajaran. Hal tersebut disebabkan dalam
proses pembelajaran hanya menggunakan metode ceramah dan kurang efektif
untuk pembelajaran yang aktif.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh metode
pembelajaran Buzz Group berbantu media audio visual terhadap keaktifan belajar
siswa pada materi penjumlahan dan pengurangan kelas 1 SDN Kalialang? Tujuan
yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh
pengaruh metode pembelajaran Buzz Group berbantu media audio visual terhadap
keaktifan belajar siswa pada materi penjumlahan dan pengurangan kelas 1 SDN
Kalialang.
Jenis penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif, dengan
model Pre Experimental Design bentuk one group pretest-posttest design.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas 1 SDN Kalilang tahun
ajaran 2021/2022. Sampel yang diambil adalah 12 siswa kelas 1 yang
menggunakan teknik sampling jenuh. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui
melalui wawancara, angket, test dan dokumentasi.
Data dalam penelitian ini diambil dengan teknik pengisian angket.
Berdasarkan hasil analisis data, diketahui bahwa rata-rata skor keaktifan akhir
lebih tinggi dibandingkan dengan skor keaktifan awal (87,75>37,5). Hasil analisis
uji-t diperoleh hasil thitung sebesar 21,2894 dan ttabel sebesar 0,242 dan taraf
signifikan 0,05, karena thitung > ttabel yaitu 21,2894>0,242 sehingga Ha diterima
dan H0 ditolak. Artinya ada pengaruh metode Buzz Group berbantu media audio
visual terhadap keaktifan belajar siswa pada materi penjumlahan dan pengurangan
kelas 1 SDN Kalialang.
Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang dapat disampaikan adalah
supaya metode Buzz Group berbantu media audio visual ini dapat digunakan
sebagai alternatif guru dalam pembelajaran untuk membuat siswa semakin aktif
dan agar tujuan pembelajaran dapat tercapai.
Kata kunci : Keaktifan Belajar, Metode Buzz Group, Media Audio Visual.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 14 Mar 2024 04:21 |
Last Modified: | 14 Mar 2024 04:21 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/2761 |