PAYA MENINGKATKAN KECERDASAN EMOSIONAL ANAK USIA 3-4 TAHUN DENGAN METODE BERCERITA MELALUI MEDIA GAMBAR SERI DI KB AL MUNA KABUPATEN DEMAK TAHUN AJARAN 2021/2022

SAFA’AH, AINUS (2022) PAYA MENINGKATKAN KECERDASAN EMOSIONAL ANAK USIA 3-4 TAHUN DENGAN METODE BERCERITA MELALUI MEDIA GAMBAR SERI DI KB AL MUNA KABUPATEN DEMAK TAHUN AJARAN 2021/2022. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of AINUS SAFA’AH 19156089.pdf] Text
AINUS SAFA’AH 19156089.pdf

Download (3MB)

Abstract

Ainus Safa’ah (NPM.19156089). “Upaya Meningkatkan Kecerdasan
Emosional Anak Usia 3-4 Tahun Dengan Metode Bercerita Melalui Gambar Seri
di KB Al Muna Menur Mranggen Demak Tahun 2021-2022” Skripsi Program
Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Pendididkan
Universitas PGRI Semarang. Dosen Pembimbing I Muniroh Munawar, S.Pi.,
M.Pd. Dosen Pembimbing II Dwi Prasetyawati D.H, S.Pd, M.Pd.
Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah masih rendahnya
Kecerdasan emosional anak, karena Anak masih belum bisa mengekspresikan diri
sehingga terkesan pasif. dalam penelitian ini tentangUpaya Meningkatkan
Kecerdasan Emosional Anak Usia 3-4 Tahun Dengan Metode Bercerita Melalui
Gambar Seri di KB Al Muna Menur Mranggen Demak Tahun 2021-2022. Tujuan
penelitian ini adalah untuk meningkatkan KecerdasanEmosional anak melalui
Metode bercerita gambar seri.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dan penggumpulan
data berupa perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian
ini sebanyak 12 anak di KB Al Muna Menur Mranggen Demak Tahun 2021-
2022”. Dari hasil akhir dengan menggunakan teknik dua siklus diperoleh hasil
peningkatan kemampuan anak pada siklus I perkembangan kemampuan anak
mencapai presentase 25% dan siklus II perkembangan kemampuan anak
meningkat mencapai 83,4% dengan demikian perkembangan kemampuan anak
mengalami peningkatan yang signifikan. Indikator pencapaian kerja tercapai
dengan optimal. Hasil hipotesis yang berbunyi kecerdasan emosional anak
meningkat melalui metode bercerita dengan media gambar seri pada KBAl Muna
Menur Mranggen Demak Tahun 2021-2022.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kecerdasan
emosional anak dapat meningkat melalui metode bercerita dengan mediagambar
seri. Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang dapat disampaikan adalah
diharapkan anak untuk lebih aktif, kreatif dan lebih ekspresif pada kegiatan
pembelajaran yang sudah diberikan oleh guru, diharapkan kegiatan seperti ini
dapat dilaksanakan secara terprogram.Karena melalui bercerita dengan media
gambar seri anak dapat mengenal mediagambar seri yang digunakan untuk
bercerita, dimana anak praktek langsung cara bercerita dengan menggunakan
gambar seri dan bertanya langsung apa media-media dan alat yang di gunakan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 14 Mar 2024 04:15
Last Modified: 14 Mar 2024 04:15
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/2759

Actions (login required)

View Item
View Item