SULISTYA, CICIK (2022) KEEFEKTIFAN MEDIA VIDEO INTERAKTIF TERHADAP HASIL BELAJAR IPA PADA MATERI ORGAN PEREDARAN DARAH MANUSIA SISWA KELAS V SDN DARUPONO KENDAL. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
Cicik Sulistya 18120026 .pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract
CICIK SULISTYA. NPM 18120026 “Keefektifan Media Video Interaktif
Terhadap Hasil Belajar IPA Pada Materi Organ Peredaran Darah Manusia Siswa
Kelas V SDN Darupono Kendal”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru
Sekolah Dasar. Universitas PGRI Semarang. 2022.
Penelitian didasari oleh rendahnya hasil belajar siswa, guru belum
menggunakan media pembelajaran sehingga siswa kurang mampu memahami
materi yang diajarkan, menyebabkan rendahnya nilai belajar siswa yang kurang
dari Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) utamanya pada materi organ peredaran
darah manusia. Apakah media video interaktif efektif terhadap hasil belajar IPA
materi orgran peredaran darah manusia siswa SDN Darupono Kendal?. Tujuan
penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan media video interaktif terhadap
hasil belajar IPA pada materi organ peredaran darah pada manusia pada kelas V
SDN Darupono Kendal.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode
penelitian eksperimen jenis kuantitatif dengan menggunakan desain penelitian
true-eksperimental design (eksperimen yang betul) dengan jenis posttest-only
control design. Populasi penelitian seluruh siswa kelas V SDN Darupono Kendal
yang berjumlah 50 siswa tahun ajaran 2021/2022. Sedangkan sampel yang
digunakan dalam penelitian yaitu seluruh siswa kelas V presensi 1-25 diambil
menjadi kelas kontrol dan presensi 26-50 diambil menjadi kelas eksperimen.
Sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan teknik
nonprobalibility sampling. Jenis teknik pengambilan yang digunakan yaitu
sampling jenuh. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah
wawancara, observasi, dokumentasi, dan tes.
Hasil penelitian diproleh nilai siswa mengalami kenaikan dengan nilai
rata-rata posttest kelas eksperimen sebesar 82,4 dan kelas kontrol 77,6.
Perhitungan dilakukan dengan menggunakan rumus Uji t berdasarakan dk = ( +
) = 25 + 25 – 2 = 48, = 5% yaitu 0,975, = 2,00 = 6,504. Maka
sehingga ditolak. Artinya media video interaktif efektif
terhadap hasil belajar materi organ peredaran darah manusia siswa kelas V SD
Negeri Darupono Kendal.
Saran yang ingin penulis sampaikan yaitu penggunaan media pembelajaran
menggunakan media video interaktif perlu dikembangkan kembali saat
pembelajaran di kelas, diadakannya penelitian lebih mendalam mengenai berbagai
aspek keterampilan dan sikap dengan penggunaan media video interaktif untuk
menyempurrnakan penelitian ini
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 14 Mar 2024 04:09 |
Last Modified: | 14 Mar 2024 04:09 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/2755 |