ANALISIS KESULITAN MEMBACA PERMULAAN KELAS II SDN 01 BAKALAN KABUPATEN PATI

FITRI, CHUSNUN NADIYATUL (2022) ANALISIS KESULITAN MEMBACA PERMULAAN KELAS II SDN 01 BAKALAN KABUPATEN PATI. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of CHUSNUN NADIYATUL FITRI 18120162 .pdf] Text
CHUSNUN NADIYATUL FITRI 18120162 .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

CHUSNUN NADIYATUL FITRI. NPM 18120162. “Analisis Kesulitan
Membaca Permulaan Kelas II SDN 01 Bakalan Kabupaten Pati”. Skripsi. Program
Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas
PGRI Semarang. 2022. Dosen Pembimbing I: Henry Januar Saputra S.Pd., M.Pd.
Dosen Pembimbing II: Sunan Baedowi, S.H.I., M.S.I.
Latar belakang dalam penelitian ini adalah Kemampuan membaca siswa
sekolah di tingkat Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah (SD/MI) saat ini memiliki
kecenderungan rendah. Berdasarkan media massa berjudul “Kemampuan
Membaca Anak Indonesia Masih Rendah” (Kompas.com: 28 Oktober 2009).
Membaca tidak sekadar melafalkan atau membunyikan huruf-huruf yang
terangkai dalam kata, namun membaca melibatkan pikiran kondisi psikis pembaca
dan pengalaman serta kosa kata pembaca.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: “Menganalisis kesulitan
membaca permulaan siswa kelas II SD Negeri 01 Bakalan Kabupaten Pati.
Mendeskripsikan apa saja kesulitan – kesulitan membaca permulaan siswa kelas II
SD Negeri 01 Bakalan Kabupaten Pati.
Jenis penelitan ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Subjek penelitian
ini adalah Guru kelas II, dan siswa kelas II SD Negeri 01 Bakalan Kabupaten Pati.
Teknik pengumpulan data berasal dari observasi, wawancara, dan tes.
kesimpulan bahwa siswa kelas II SDN 01 Bakalan yang berjumlah 22
siswa, 4 siswa mengalami kesulitan mengenal huruf, dua siswa mengalami
kesulitan membaca kata yang tidak mempunyai arti, dan enam belas siswa
mengalami kelancaran membaca nyaring. Siswa yang belum bisa membaca
dengan lancar hanya mampu membaca beberapa suku kata dengan benar dan
masih mengeja, dan siswa yang belum bisa membaca hanya bisa membaca abjad
belum bisa mengeja, sedangkan untuk siswa yang sudah membaca lancar mampu
membaca suku kata, kata dan kalimat dengan benar dan lancar, dan kesulitan yang
dialami kebanyakan siswa kelas II SDN 01 Bakalan adalah pada aspek membaca
kata yang tidak mempunyai arti.
Kata kunci: Kesulitan membaca permulaan, Siswa kelas II

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 14 Mar 2024 04:07
Last Modified: 14 Mar 2024 04:07
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/2754

Actions (login required)

View Item
View Item