NI’MAH, ISTIGHFARIN (2022) IMPLEMENTASI PROFIL PELAJAR PANCASILA MELALUI EKSTRAKULIKULER REBANA DI SD NEGERI WRINGINJAJAR 3 MRANGGEN. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.
ISTIGHFARI NI'MAH 18120031.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (3MB)
Abstract
Istighfarin ni’mah. NPM 1812001. “Implementasi Profil Prelajar Pancasila melalui
ekstrakulikuler rebana di SD Negeri Wringinjajar 3 Mranggen”. Skripsi. Program
Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas PGRI
Semarang. 2022. Dosen Pembimbing I: Ari Widyaningrum,S.Pd, M.Pd. Dosen
Pembimbing II Drs. Kiswoyo, M.M.
Latar Belakang Masalah dari penelitian ini adalah Profil Pelajar Pancasila di
sekolah dapat diberikan melalui ekstrakulikuler. Kegiatan ekstrakulikuler yang selama
ini diselenggarakan merupakan salah satu media yang potensial untuk pembinaan
karakter dan peningkatan dan peningkatan mutu akademik peserta didik. Kegiatan
ekstrakulikuler merupakan kegiatan Pendidikan diluar mata pelajaran untuk membantu
mengembangkan peserta didik sesuai dengan kebutuhan, potensi, bakat, dan minat
melalui kegiatan yang secara khusus oleh pendidik atau tenaga pendidik yang
berkemampuan dan berkewenangan di sekolah. Melalui ekstrakulikuler diharapkan
dapat mengembangkan kemampuan dan rasa tanggung jawab social serta potensi dan
prestasi peserta didik.
Rumusan Masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah Bagaimana
Implementasi Profil Pelajar Pancasila melalui Ekstrakulikuler Rebana di SD Negeri
Wringinjajar 3 Mranggen. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui
Implementasi Profil Pelajar Pancasila melalui ekstrakulikuler rebana di SD Negeri
Wringinjajar 3 Mranggen.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini metode penelitian kualitatif.
Pendekatan yang digunakan yaitu pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik
pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Dan
keabsahan datanya menggunakan triangulasi sumber.
Hasil Analisis data yang di deskripsikan yaitu Implementasi Profil Pelajar
Pancasila melalui ekstrakulikuler rebana di SD Negeri Wringinjajar 3 Mranggen
cukup baik. Profil Pelajar Pancasila yang diteliti memiliki 6 unsur dalam menguatkan
Profil Pelajar Pancasila dalam diri siswa yaitu berupa Beriman kepada Tuhan Yang
Maha Esa, Berbhineka Global, Gotong Royong, Mandiri, Bernalar Kritis, dan Kreatif.
Saran bagi Pembina sebaiknya mengerti dan memahami siswa, sehingga posisi
yang di tawarkan betul – betul diterima dan disenangi siswa. Bagi ketua diharapkan
menjalin kerja sama yang baik dengan pembina mewujudkan keberhasilan tujuan
kegiatan yang dilakukan. Bagi siswa hendaknya lebih bersemangat dalam mengiktui
proses kegiatan baik kegiatan yang berupa rutin di sekolah maupun diluar sekolah
serta bersemangat kegiatan dan menjalani silaturahmi.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 14 Mar 2024 04:07 |
Last Modified: | 14 Mar 2024 04:07 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/2753 |