SARI, ISNA NURILLAH PUSPITA (2022) KESULITAN BELAJAR DARING BAGI SISWA PADA MASA PANDEMI. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.
ISNA NURILLAH PUSPITA SARI 16110047.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract
Isna Nurillah Puspita Sari. 16110047.” Kesulitan Belajar Daring Bagi
Siswa Pada Masa Pandemi”. Skripsi. Program Studi Bimbingan Dan Konseling.
Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas PGRI Semarang. Dra. Wiwik Kusdaryani,
M. Pd., Farikha Wahyu Lestari, S. Pd., M. Pd. Agustus. 2022.
Masa pandemi (Covid-19) mendorong pemerintah menerapkan lockdown &
online di sejumlah pendidikan maupun pekerja. Berbagai macam dampak yang
kompleks selama pandemi, terutama sekolah maupun siswa selama proses daring.
Walau banyak alternatif dalam mengatasi hal tersebut masih banyak masalah yang
dialami, contohnya kurang fokus belajar, malas, pemateri yang kurang asik, dan
sebagainya. Oleh karena itu perlu adanya tindakan untuk mencegahnya agar siswa
dapat belajar seoptimal mungkin dan tidak adanya hambatan selama proses
daring. Hasil wawancara dengan guru BK dan guru mata di SMA Negeri 1 Blora
pada tanggal 30 Juni 2020, didapatkan informasi bahwa dalam pemberian layanan
belum optimal karena guru BK tidak mendapatkan jam masuk kelas selama
daring, sehingga guru BK tidak ada kesempatan untuk membimbing,
mengarahkan kepada siswa dalam layanan klasikal maupun layanan lainnya. Saat
ini guru hanya bisa memberikan informasi pada guru mata pelajaran untuk dishare
ke group kelas selama daring. Apalagi nilai raport pun menggunakan soft file lalu
di kirim ke para orang tua ( group WhatsApp ). Penelitian ini menggunakan
metode penelitian kualitatif – deskriptif dan studi kasus. Subyek yang menjadi
penelitian adalah guru bimbingan dan konseling, guru mata pelajaran dan siswa di
SMA Negeri 1 Blora. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tentang
apa saja kesulitan belajar daring bagi siswa pada masa pandemi.
Hasil kesimpulan bahwa pelaksanaan yang tepat adalah Cyber Conseling.
Cyber Conseling merupakan media aplikasi yaitu WhatsApp, Classroom, Google
Meet dan Zoom dengan membuat kesepakatan yang sudah di buat konseli terlebih
dahulu. Kemudian tetap menggunakan layanan sesuai dengan pedoman layanan
BK. Walau sekarang kita melakukannya melalui media sosial. Untuk
mengentaskan masalah yang terjadi oleh siswa Guru lebih ekstra sabar dalam
mengahadapi hal tersebut walau ada beberapa guru yang kurang memperhatikan
siswanya selama kelas online. Banyak manfaat dari Cyber Conseling, adalah
mempermudah proses pembinaan konseling sesuai perkembangan teknologi atau
secara daring (dalam jaringan). Hambatan apa saja pada saat pelaksanaan cyber
counseling adalah paling sering terjadi yaitu kendala internet jaringan dan tidak
memiliki kuota.
Kata kunci
: Kesulitan Belajar, Daring, Siswa, Pandemi
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 14 Mar 2024 03:58 |
Last Modified: | 14 Mar 2024 03:58 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/2749 |