ANALISIS MISKONSEPSI SISWA PADA MATERI IPA KELAS V DENGAN METODE CERTAINTY OF RESPONSE INDEX (CRI) DI SDN 1 PURWASANA

ASTUTI, IRA DWI (2022) ANALISIS MISKONSEPSI SISWA PADA MATERI IPA KELAS V DENGAN METODE CERTAINTY OF RESPONSE INDEX (CRI) DI SDN 1 PURWASANA. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.

[thumbnail of IRA DWI ASTUTI 18120051.pdf] Text
IRA DWI ASTUTI 18120051.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

IRA DWI ASTUTI. NPM 18120051. “Analisis Miskonsepsi Siswa Pada Materi
IPA Kelas V Dengan Metode Certainty Of Response Index (Cri) Di SDN 1
Purwasana” Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas
PGRI Semarang. Pembimbing I Arfilia Wijayanti,S.Pd.,M.Pd dan Pembimbing II
Ferina Agustini,S.Pd.,M.Pd. 2022. Berdasarkan wawancara dengan guru kelas V
pada saat pembelajaran IPA masih banyaknya siswa yang mengalami
miskonsepsi, hal tersebut dibuktikan dengan pencapaian siswa nilai diatas rata-
rata pada pelajaran IPA hanya 20% pada hasil Ujian tengah semester. Penyebab
siswa mengalami miskonsepsi karena pada meteri IPA banyak penggunakan
Bahasa asing yang sulit dipahami oleh siswa. Rumusan masalah dalam penelitian
ini adalah bagaimana miskonsepsi siswa pada materi IPA kelas V dengan
metode Certainty Of Response (CRI) di SDN 1 Purwasana.Adapun tujuan dalam
penelitian ini adalah untuk mengetui seberapa banyak siswa yang mengalami
miskonsepsi pada materi IPA kelas V dengan menganalisis menggunakan metode
Certainty of Response Index (CRI).Pendekatan yang dilakukan menggunakan
pendekatan penelitian kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian
deskriptif. Penelitian ini dilaksanakn di SDN 1 Purwasana, kecamatan Wanadadi,
kabupaten Banjarengara. Instrumen yang digunakan untuk penelitian yaitu Tes
tertulis CRI dan wawancara pada siswa yang tidak mengalami miskonsepsi.Hasil
perhitungan menggunakan metode Certainty of Response Index (CRI) paling
tinggi siswa mengalami miskonsepsi mencapai persentase (4,73%), tertinggi
kedua tidak tahu konsep persentase (4,1%), untuk persentase (2%) siswa yang
menguasai konsep dengan baik dan persentase (1,8%) untuk siswa yang tidak
tahu. Berdasarkan hasil wawancara untuk siswa yang tidak mengalami
miskonsepsi yaitu karena rajin belajar dan menyukai materi IPA tersebut. Apabila
mengalami kesulitan siswa mencari tahu dan rajin mencatat apa yang telah
dijelaskan oleh guru.
Kata Kunci: Siswa, Miskonsepsi, Certainty of Response (CRI)

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 14 Mar 2024 03:43
Last Modified: 14 Mar 2024 03:43
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/2742

Actions (login required)

View Item
View Item