IMPLEMENTASI METODE MIND MAPPING PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS V SD NEGERI KALIKONDANG 4 KECAMATAN DEMAK

MARDIKANI, AYUN MAULA (2022) IMPLEMENTASI METODE MIND MAPPING PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS V SD NEGERI KALIKONDANG 4 KECAMATAN DEMAK. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of AYUN MAULA  14120130 .pdf] Text
AYUN MAULA 14120130 .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Mind mapping merupakan salah satu metode dalam pembelajaran yang
berfokus pada mencatat yang membantu kita mengingat materi serta dapat meningkatkan
pemahaman terhadap materi, membantu mengorganisasi materi dan
memberikan wawasan baru. Mind mapping ini kembangkan oleh Tony Buzan. Dengan
adanya metode ini siswa menjadi lebih aktif, meningkatnya kreatifitas dan
dapat menerima pelajaran dengan mudah.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan mengetahui implementasi metode
mind mapping pada pembelajaran tematik kelas V SD Negeri Kalikondang 4 Kecamatan
Demak. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian deskriptif kualitatif yang berusaha
mendeskripsikan suatu gejala, peristiwa, kejadian yang terjadi pada saat sekarang.
Sumber data yang digunakan adalah guru dan siswa Kelas V. Teknik pengumpulan
data dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dari hasil penelitian dapat
disimpulkan bahwa: implementasi metode mind mapping pada pembelajaran kelas V SD
Negeri Kalikondang 4 Kecamatan Demak telah diwujudkan dengan 3 tahap, yaitu tahap
perencanaan dengan pembuatan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), silabus, media
pendidikan serta materi yang akan disampaikan. Tahap yang kedua, yaitu tahap pelaksanaan
merupakan kegiatan inti dalam membuat mind mapping ada yang individu maupun
berkelompok. Jika berkelompok guru membagi siswa dalam beberapa kelompok kemudian
siswa mencermati/ membaca materi, berdiskusi dan siswa mempresentasikan hasil
diskusinya, dan dilanjut mengerjakan soal. Jika individu siswa mengerjakan mind mapping
sendiri di papan tulis ataupun buku tulis dengan mandiri. Tahap yang ketiga, yaitu evaluasi
pembelajaran yang dilakukan guru masih mengutamakan penilaian hasil pada kognitif
(pengetahuan) siswa melalui mengerjakan latihan soal di LKS atau PR sebagai tugas.
Kata Kunci: Metode Mind Mapping, Pembelajaran Tematik

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 14 Mar 2024 03:41
Last Modified: 14 Mar 2024 03:41
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/2741

Actions (login required)

View Item
View Item