ANALISIS MISKONSEPSI DALAM MATERI SISTEM RESPIRASI PADA SISWA KELAS XI MIPA SMA N 1 TOROH DI TINJAU DARI GAYA BELAJAR

Septiani, Ayu Dwi (2023) ANALISIS MISKONSEPSI DALAM MATERI SISTEM RESPIRASI PADA SISWA KELAS XI MIPA SMA N 1 TOROH DI TINJAU DARI GAYA BELAJAR. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of Ayu Dwi Septiani 19320065.pdf] Text
Ayu Dwi Septiani 19320065.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (14MB)

Abstract

Pendidikan mempunyai kiprah strategis dalam mencerdaskan serta memajukan
sebuah bangsa, oleh karena itu sekolah menjadi tempat berlangsungnya proses
pendidikan merogoh bagian yang besar untuk mewujudkannya. Miskonsepsi
merupakan konsepsi peserta didik yang tidak sinkron dengan konsep para
ilmuwan. Miskonsepsi juga menghinggapi seluruh level peserta didik mulai dari
peserta didik pendidikan pada SD hingga dengan mahasiswa pada pendidikan
perguruan tinggi serta terdapat beberapa penelitian bahwa miskonsepsi juga
terjadi pada guru-guru. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis miskonsepsi
yang dialami siswa pada materi sistem respirasi manusia dan mengetahui dan
mendeskripsikan pengaruh gaya belajar terhadap miskonsepsi. Penelitian ini di
laksanakan di SMA Negeri 1 Toroh pada bulan Maret - April 2023. Subyek
dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI MIPA SMA N 1 Toroh yang berjumlah
120 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik probabilitas dengan
metode Simple random sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat
dua konsep materi Sistem Pernapasan yang memperoleh miskonsepsi tertinggi,
yakni pada konsep gangguan pernapasan dan mekanisme pernapasan. Gangguan
pernapasan memperoleh miskonsepsi sebanyak 25 siswa dari 120 sampel siswa
dengan pola dan letak miskonsepsi yang beragam. Mekanisme pernapasan
memperoleh miskonsepsi sebanyak 59 siswa dari 120 sampel siswa dengan pola
dan letak miskonsepsi yang beragam pula. Berdasarkan data pengelompokan gaya
belajar siswa, masing-masing siswa memiliki gaya belajar yang berbeda, dan pada satu anak itu sendiri juga memiliki gaya belajar yang tidak pasti atau berpacu
hanya pada satu gaya belajar melainkan gabungan dari beberapa gaya belajar
Kata Kunci : Miskonsepsi, Gaya Belajar, Sistem Respirasi

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pendidikan Matematika Ilmu Pengetahuan Alam dan Teknologi Informasi > Pendidikan Biologi
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 05 Jan 2024 02:06
Last Modified: 05 Jan 2024 02:06
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/274

Actions (login required)

View Item
View Item