AULYA, INTAN ERSAFITRI (2022) PENGARUH MEDIA SOSIAL TIKTOK TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR KELAS 5 SD NEGERI WONOSARI DEMAK. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.
INTAN ERSAFITRI AULYA18120149.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract
INTAN ERSAFITRI AULYA. NPM 1120149. “Pengaruh Media Sosial Tiktok
Terhadap Minat Belajar Siswa Sekolah Dasar Kelas 5 SD Negeri Wonosari
Demak” Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar 2022. Dosen
Pembimbing I Intan Rahmawati, S.Pd., M.Pd. Dosen Pembimbing II Dr. Riris
Setyo Sundari, M.Pd.
Penggunaan media sosial Tiktok menjadi populer di masyarakat pada saat
sekarang ini, salah satunya ditemukan beberapa siswa yang gemar bermain media
sosial Tiktok di waktu luangnya. Penggunaan media sosial Tiktok yang menjadi
viral ini ternyata menarik perhatian masyarakat termasuk di kalangan siswa
sekolah dasar. Dampak dari adanya belajar mandiri atau sekolah online yang
membuat siswa sekolah dasar kini memiliki handphne untuk memaksimal
belajarnya ketika masih online. Hal ini yang mengakibatkan siswa terhanyut
dalam bermain gadget khususnya pada media sosial Tiktok.
Fokus penelitian ini membahas tentang penggunaan media sosial Tiktok
terhadap minat belajar siswa sekolah dasar. Adapun permasalahan penelitian ini
mengacu pada bagaimana pengaruh dari segi positif dan negatif media sosial
Tiktok terhadap minat belajar siswa sekolah dasar. Tujuan yang hendak di capai
dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan mengenai
pengaruh media sosial Tiktok terhadap minat belajar siswa sekolah dasar.
Jenis penelitian ini adalah kualitatif yang berupa penelitian deskriptif dan
uraian. Subjek penelitian adalah 23 siswa, 1 guru kelas, dan 2 orang tua siswa
kelas V-B SD Negeri Wonosari. Teknik pengumpulan data menggunakan
wawancara, observasi, dokumntasi, dan angket.
Berdasarkan hasil dari analisis dan pembahasan dapat di simpulkan bahwa
penggunaan media sosial Tiktok dapat mempengaruhi minat belajar anak. Hal
tersebut dibuktikan dengan hasil observasi, angket, wawancara, dan dokumentasi.
Telah ditemukan ada 13 siswa yang gemar bermain Tiktok memiliki kebiasaan
malas mengulang kembali materi pelajaran yang telah di berikan di sekolah dan
belajar hanya saat ada PR dan Ulangan saja. Selain itu ada 7 siswa yang lebih
memilih untuk bermain Tiktok daripada bermain dengan teman-teman di
sekitarnya yang menjadikan anak kurang berinteraksi dengan lingkungan
sekitarnya. Sedangkan penggunaan media sosial Tiktok ternyata mampu
menggiring pada sikap yang positif, hal ini dibuktikan terdapat 5 siswa mampu
melakukan editing video saat menggunakan Tiktok.
Saran yang dapat diberikan dalam skripsi ini adalah Orang tua diharapkan
lebih memperhatikan anak dalam penggunaan handphone terutama saat bermain
media sosial Tiktok. Pemberian batasan dan arahan saat bermain Tiktok. Guru
diharapkan mampu membantu membangkitkan minat belajar siswa di sekolah
agar siswa selalu tertarik untuk mengikuti pelajaran sehingga akan memberikan
hasil belajar yang maksimal.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 14 Mar 2024 03:40 |
Last Modified: | 14 Mar 2024 03:40 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/2738 |