ANALISIS SELF-EFFICACY SISWA DALAM PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF DAN KEMAMPUAN MATEMATIKA SISWA

SHATILA, ASTI GIMMA (2022) ANALISIS SELF-EFFICACY SISWA DALAM PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF DAN KEMAMPUAN MATEMATIKA SISWA. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of ASTI GIMMA SHATILA 18310024.pdf] Text
ASTI GIMMA SHATILA 18310024.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui analisis Self-Efficacy siswa
dalam pemecahan masalah matematika ditinjau dari gaya kognitif dan
kemampuan matematika siswa. Penelitian dilaksanakan di MTs Darussalam
Subah. Jenis penelitian ini kualitatif dengan deskriptif eksploratif. Subjek
penelitian adalah siswa kelas VIIIA MTs Darussalam Subah tahun ajaran
2021/2022 berjumlah 6 siswa dengan rincian 3 siswa kognitif reflektif
berkemampuan (tinggi, sedang dan rendah) dan 3 siswa kognitif impulsif
berkemampuan (tinggi, sedang dan rendah). Pengumpulan data yang dilakukan
yaitu tes MFFT, tes tertulis, dan wawancara. Teknik analisis data dilakukan
dengan tiga tahapan, yaitu tahap reduksi data, penyajian data, dan penarikan
kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi waktu yaitu dilakukan
dengan cara mengecek data dari sumber yang sama dan waktu yang berbeda.
Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut : (1) Siswa reflektif berkemampuan
tinggi dalam pemecahan masalah mampu menjelaskan semua indikator dengan
benar, serta Self-Efficacy menunjukkan kategori tinggi. (2) Siswa reflektif
berkemampuan sedang dalam pemecahan masalah belum menuliskan semua
indikator, serta Self-Efficacy menunjukkan kategori tinggi. (3) Siswa reflektif
berkemampuan rendah dalam pemecahan masalah belum menuliskan semua
indikator, serta Self-Efficacy menunjukkan kategori rendah. (4) Siswa impulsif
berkemampuan tinggi dalam pemecahan masalah sudah menuliskan semua
indikator dengan baik, serta Self-Efficacy menunjukkan kategori tinggi. (5) Siswa
impulsif berkemampuan sedang dalam pemecahan masalah belum menuliskan
semua indikator, serta Self-Efficacy menunjukkan kategori tinggi, dan (6) Siswa
impulsif berkemampuan rendah dalam pemecahan masalah belum menuliskan
semua indikator, serta Self-Efficacy cenderung menunjukkan kategori rendah.
Kata kunci : Analisis Self-Efficacy, Pemecahan Masalah Matematika, Gaya
Kognitif (Reflektif-Impulsif), Kemampuan Matematika Siswa

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pendidikan Matematika Ilmu Pengetahuan Alam dan Teknologi Informasi > Pendidikan Matematika
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 14 Mar 2024 03:34
Last Modified: 14 Mar 2024 03:34
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/2737

Actions (login required)

View Item
View Item