LUTFIA, AINAYA HANUM (2022) PENGARUH PENGGUNAAN QUIZIZZ PADA PEMBELAJARAN DARING TEMATIK TERHADAP PEMAHAMAN SISWA KELAS V SD NEGERI KALIBOGOR. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
AINAYA HANUM LUTFIA 18120189.pdf
Download (10MB)
Abstract
AINAYA HANUM LUTFIA. NPM 18120189. “Pengaruh Penggunaan Quizizz
Pada Pembelajaran Daring Tematik Terhadap Pemahaman Siswa Kelas V SD
Negeri Kalibogor”. Skripsi. Program Studi Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu
Pendidikan Universitas PGRI Semarang. Dosen Pembimbing I Ari Widyaningrum,
S.Pd., M.Pd., Dosen Pembimbing II Dr. Fine Reffiane, S.Pd., M.Pd. 2022.
Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah rendahnya
pemahaman siswa sehingga hasil belajar siswa pun menjadi rendah. Nilai siswa
pada pembelajaran Tematik Tema 8 Subtema 1 masih banyak yang memperoleh
nilai dibawah KKM. Hal tersebut disebabkan karena kurangnya inovasi guru dalam
pembelajaran,
khususnya
dalam
pembelajaran
daring
yang
seharusnya
memanfaatkan
perkembangan
ilmu
pengetahuan
dan
teknologi
dalam
pembelajarannya. Berdasarkan latar belakang masalah yang telah dijabarkan diatas,
maka rumusan masalah yang digunakan dalam penelitian ini adalah “Bagaimana
Pengaruh Penggunaan Quizizz dalam Pembelajaran Daring Tematik Terhadap
Pemahaman Siswa Kelas V SDN Kalibogor?”. Tujuan yang hendak dicapai dalam
penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan Quizizz dalam
pembelajaran daring tematik terhadap pemahaman siswa kelas V SDN Kalibogor.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dalam bentuk pre-
eksperimental design dengan bentuk One-Group-Pretest-Posttest Design. Populasi
penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri Kalibogor tahun pelajaran 2022/2023.
Sampel yang diambil adalah seluruh siswa kelas V SD Negeri Kalibogor sebanyak
18 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah
nonprobability sampling dengan jenis sampling jenuh. Data dalam penelitian ini
diperoleh melalui tes, dokumentasi dan wawancara.
Hasil hasil penelitian dan pembahasan, dapat diambil kesimpulan bahwa
untuk mengetahui pemahaman siswa setelah dilakukan pembelajaran dengan
menggunakan Quizizz digunakan uji-t memiliki nilai thitung>ttabel atau sebesar
(5,84102>2,1110), sehingga H0 ditolak dan Ha diterima artinya Quizizz berpengaruh
terhadap pemahaman peserta didik kelas V SD Negeri Kalibogor. Sedangkan
dengan uji ketuntasan belajar siswa sebanyak 17 siswa dengan persentase 94,44 %
dan 1 siswa yang tidak tuntas dengan persentase 5,56%. Hal ini terjadi karena
diterapkannya pembelajaran dengan memanfaatkan Quizizz. Oleh karena itu dapat
disimpulkan penggunaan Quizizz berpengaruh terhadap pemahaman siswa kelas V
SD Negeri Kalibogor.
Kata kunci: Quizizz, Pembelajaran Daring Tematik, Pemahaman Siswa
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 14 Mar 2024 03:22 |
Last Modified: | 14 Mar 2024 03:22 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/2729 |