ROHMAH, AMALIN NAILUR (2022) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK USIA DINI PADA MATERI KONSEP BILANGAN MELALUI PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN MAKE A MATCH DI TK TA TLOGOREJO KARANGAWEN DEMAK TAHUN PELAJARAN 2021 / 2022. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
malin Nailurrohmah 18156171.pdf
Download (818kB)
Abstract
ABSTRAK
AMALIN NAILUR ROHMAH “Upaya Meningkatkan Kemampuan Kognitif
Anak Usia Dini Pada materi Konsep Bilangan Melalui Penerapan Model
Pembelajaran Make a Match Di TK TA Tlogorejo Karangawen Demak Tahun
Pelajaran 2020/2021 ” Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak
Usia Dini Fakultas Ilmu Pendidikan UNIVERSITAS PGRI Semarang, UPGRIS
Semarang 2022.
Peneliti menemukan beberapa masalah kemampuan kognitif anak di TK
TA TLOGOREJO masih rendah dalam mengenal konsep lambang bilangan dan.
Penyebab dari permasalahan ini di karenakan penggunaan media, alat, dan metode
pembelajaran yang digunakan selalu melibatkan majalah, buku tulis, kegiatan
menghafal dan strategi ceramah sehingga membuat anak pasif dan menyebabkan
beberapa anak lebih suka bercerita dengan teman sebelahnya daripada
mendengarkan penjelasan, minimnya alat permaian yang digunakan.
Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini yaitu Meningkatkan
Kemampuan Kognitif Anak Usia Dini Pada materi Konsep Bilangan Melalui
Penerapan Model Pembelajaran Make a Match Di TK TA Tlogorejo, karena
Kegiatan pembelajaran TK TA Tlogorejo tentang kemampuan kognitif materi
konsep bilangan masih terbilang kurang, karena dalam pengamatan belajar hanya
14 anak bahwa pada saat kegiatan belajar lambang bilangan anak yang ada pada
tahap berkembang, sesuai harapan atau anak yang sudah mampu mengenal
lambang bilangan dan dapat melakukan kegiatan secara mandiri ada 2 anak, anak
pada tahap mulai berkembang ada 4 anak , sedangkan yang belum mampu
mengenal lambang bilangan atau pada tahap belum berkembang sebanyak 8 anak,
Berdasarkan data diatas dapat diambil kesimpulan bahwa pemahaman anak
mengenai konsep bilangan dan lambang bilangan masih rendah dan sepenuhnya
belum dimengerti oleh anak .
Penelitian ini dilaksanakan pada semester Gasal yang dimulai dari tanggal
23 November sampai 29 November 2021. Subyek penelitian ini adalah kelompok
B TK TA Tlogorejo yang berjumlah 14 anak yang terdiri dari 8 anak Perempuan
dan 6 anak laki-laki. Prosedur penelitian menggunakan penelitian tindakan kelas
yang terdiri dua siklus. tiap siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu 1) Tahap
perencanaan 2) Melakukan tindakan 3) Mengadakan pengamatan tindakan 4)
Merefleksi hasil pengamatan tindakan. Setiap siklus dilaksanakan 3 kali
pertemuan.
Hasil penelitian menunjukan bahwa kemampuan mengenal konsep
bilangan dapat di tingkatkan melalui media make a match. Hal ini dapat di
buktikan dengan meningkatnya jumlah anak yang mampu mengenal konsep
bilangan dalam setiap kali pertemuan. Baik dalam siklus I maupun siklus II.
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat ditarik kesimpulan bahwa
kemampuan anak mengenal konsep bilangan dapat di tingkatkan melalui media
make a match
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 14 Mar 2024 03:24 |
Last Modified: | 14 Mar 2024 03:24 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/2728 |