RELYGA, ARUNG LINTANG (2022) PENGGUNAAN PREPOSISI PADA KARANGAN TEKS EKSPOSISI KARYA PESERTA DIDIK KELAS VIII SMPN 1 PETARUKAN PEMALANG TAHUN PELAJARAN 2021/2022. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
Arung Lintang Relyga 15410126 .pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract
. Penggunaan Preposisi pada Karangan Teks Eksposisi Karya Peserta Didik
Kelas VIII SMP Negeri 1 Petarukan Pemalang. Skripsi Program Studi Pendidikan
Bahasa dan Sastra Indonesia Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni Universitas
PGRI Semarang. Pembimbing I Eva Ardiana Indrariani, S.S. dan Pembimbing II
Icuk Prayogi, S.S., M.A.
Kata kunci: Preposisi, teks eksposisi.
Penelitian ini dilatarbelakangi minimnya keterampilan menulis dan
pemahaman peserta didik tentang preposisi pada teks eksposisi di SMP Negeri 1
Petarukan Pemalang. Melihat kondisi seperti itu perlu diupayakan pembelajaran
untuk keterampilan menulis preposisi pada teks eksposisi karya peserta didik SMP
Negeri 1 Petarukan Pemalang. Dengan kajian preposisi, harapannya penelitian ini
dapat memudahkan pembaca untuk mempelajari struktur dan kebahasaan teks
eksposisi.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah seperti apakah penggunaan
preposisi pada teks eksposisi karya peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1
Petarukan Pemalang tahun pelajaran 2021/2022. Adapun tujuan penelitian ini
untuk mengetahui penggunaan preposisi pada teks eksposisi karya peserta didik
VIII SMP Negeri 1 Petarukan Pemalang.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskripsi kualitatif.
Teknik kualitatif digunakan untuk menganalisis hasil karya pesrta didik. Teknik
pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik simak dan catat.
Langkah-langkah yang digunakan dalam teknik kualitatif adalah meminta hasil
pekerjaan peserta didik kepada guru mata pelajaran Bahasa Indonesia di SMP
Negeri 1 Petarukan. Pengumpulan data dilakukan dengan menyimak teks
eksposisi karangan peserta didik kemudian melakukan pencatatan dengan
menandai kata-kata yang mengandung preposisi
Hasil penelitian ini adalah dari analisis akhir yang dilakukan ditemukan
beberapa peserta didik yang masih belum tepat menggunakan preposisi pada teks
eksposisi tersebut. Faktor penyebab kesalahan penggunaan preposisi yang telah
ditemukan adalah kekurang pahaman peserta didik terhadap pemakaian kata tugas
khususnya preposisi. Jumlah dan presentase penggunaan preposisi pada karya
peserta didik ini sangat variatif yang berjumlah 233 preposisi. Macam-macam
preposisi yang digunakan ialah: akan, pada, bagi, dari, dengan, di, ke, serta,
untuk, seperti, kepada, hingga, tentang, sebab, karena, dan dalam. Secara
keseluruhan preposisi yang digunakan peserta didik dalam menulis teks eksposisi
adalah preposisi tunggal. Saran yang disampaikan dalam penelitian ini adalah
ix
hendaknya dapat membantu dan memberikan pengetahuan bagi peneliti lain yang
akan membahas mengenai preposisi pada teks eksposisi atau teks lainnya.
Kemudian dapat dijadikan materi pembelajaran bagi guru dan mempermudah
peserta didik memahami preposisi pada teks eksposisi yang disajikan.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 14 Mar 2024 03:14 |
Last Modified: | 14 Mar 2024 03:14 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/2723 |