GHASSANI, HIBATI NADHILAH (2022) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN SECARA DARING TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI PECAHAN KELAS 3 SD NEGERI MIROTO SEMARANG. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.
HIBATI NADHILAH GHASSANI 17120050.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract
HIBATI NADHILAH GHASSANI. NPM 17120050. “ Efektivitas
Penggunaan Media Video Pembelajaran Secara Daring Terhadap Hasil
Belajar Matematika Pada Materi Pecahan Kelas III SD Negeri Miroto
Semarang” Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Semarang. 2021.
Latar belakang penelitian ini adalah untuk mengetahui efektifitas
penggunaan media video pembelajaran secara daring terhadap hasil belajar
matematika pada materi pecahan kelas 3 SD Negeri Miroto Semarang.
Data dalam penelitian ini diperoleh melalui beberapa metode, yaitu
metode dokumentasi dan metode tes. Tujuan dari penelitian ini untuk
mengetaahui efektivitas penggunaan media video pembelajaran secara
daring terhadap hasil belajar matematika pada materi pecahan kelas 3.
Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan sumber kepala
sekolah, guru kelas III dan siswa kelas III. Prosedur pengumpulan data
melalui observasi, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan
bahwa terdapat efektivitas penggunaan media video pembelajaran secara
daring terhadap hasil belajar matematika pada materi pecahan kelas 3. Hal
ini terlihat dari N-Gain pada kelompok kelas eksperimen sebesar 0.50 atau
50%, sedangkan kelompok kelas kontrol mendapat nilai N-Gain sebesar
0.1 atau 1%. Hasil pengujian hipotesis bahwa H0 ditolak dan Ha diterima
karena t hitung (7,019) > t tabel (1,998). Dengan ini dapat disimpulkan
bahwa penelitian memiliki pengaruh positif dan signifikan antara
penggunaan media video pembelajaran secara daring terhadap hasil belajar
matematika pada materi pecahan kelas 3.
Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan pengetahuan
baru mengenai penggunaan media pembelajaran sehingga menggunakan
media pembelajaran yang inovatif dapat meningkatkan hasil belajar.
Kata Kunci : Efektivitas, Video Pembelajaran, Hasil Belajar
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 14 Mar 2024 03:08 |
Last Modified: | 14 Mar 2024 03:08 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/2720 |