ANALISIS KETERAMPILAN MENGAJAR GURU PADA PEMBELAJARAN DARING DI SEKOLAH DASAR NEGERI POHIJO 01 PATI

KHOLIFAH, MAHROJATIN (2022) ANALISIS KETERAMPILAN MENGAJAR GURU PADA PEMBELAJARAN DARING DI SEKOLAH DASAR NEGERI POHIJO 01 PATI. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of Mahrojatin Kholifah  17120011.pdf] Text
Mahrojatin Kholifah 17120011.pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK
MAHROJATIN KHOLIFAH. NPM 17120011. “Analisis Keterampilan
Mengajar Guru Pada Pembelajaran Daring Di Sekolah Dasar Negeri Pohijo 01
Pati”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu
Pendidikan Universitas PGRI Semarang. Universitas PGRI Semarang. 2021.
Latar belakang yang mendorong penelitian ini yaitu pada pembelajaran
daring yang dilakukan di Sekolah Dasar Negeri Pohijo 01 Pati belum adanya
interaksi antara guru dan peserta didik maupun antar peserta didik. Selain itu
pembelajaran yang dilakukan berpusat kepada guru.
Fokus dalam penelitian ini adalah 1) bagaimanakah implementasi
keterampilan dasar mengajar guru pada pembelajaran daring di SD Negeri Pohijo
01 Pati?, 2) bagaimanakah respon peserta didik terhadap guru dalam mengadakan
keterampilan dasar mengajar pada pembelajaran daring di SD Negeri Pohijo 01
Pati?, 3) apa saja kendala yang dihadapi guru dalam mengadakan keterampilan
dasar mengajar pada pembelajaran daring di SD Negeri Pohijo 01 Pati? Tujuan
yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan
implementasi keterampilan mengajar guru pada pembelajaran daring di SD Negeri
Pohijo 01 Pati, mendeskripsikan respon peserta didik terhadap guru dalam
mengadakan keterampilan dasar mengajar pada pembelajaran daring di SD Negeri
Pohijo 01 Pati, mendeskripsikan kendala yang dihadapi guru dalam mengadakan
keterampilan dasar mengajar pada pembelajaran daring di SD Negeri Pohijo 01
Pati.
Jenis penelitian adalah penelitian kualitatif deskriptif. Metode
pengumpulan data pada penelitian ini adalah dengan metode observasi,
wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini membahas mengenai keterampilan
mengajar guru pada pembelajaran daring.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru sudah menerapkan 7
keterampilan mengajar dengan baik. Namun ada satu keterampilan mengajar yang
belum di terapkan oleh guru. respon peserta didik selama pembelajaran daring
lumayan aktif namun pembelajaran hanya berfokus kepada guru. Adapun kendala
yang dihadapi guru dalam mengadakan keterampilan mengajar guru yaitu, 1)
terkendala masalah handphone, 2) peserta didik tidak memiliki kuota internet, 3)
peserta didik kurang memperhatikan pembelajaran, 4) guru kurang dalam
memanfaatkan teknologi.
Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang dapat disampaikan adalah
sebaiknya guru dapat menerapkan 8 keterampilan mengajar selama pembelajaran
daring. Hal itu dilakukan agar peserta didik dapat lebih aktif selama pembelajaran
daring, sebaiknya dalam pembelajaran daring guru memberikan dorongan kepada
peserta didik agar peserta didik berani untuk bertanya, sebaiknya dalam
pembelajaran daring guru lebih banyak menggunakan aplikasi online agar peserta
didik semangat untuk mengikuti pembelajaran

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 14 Mar 2024 03:12
Last Modified: 14 Mar 2024 03:12
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/2716

Actions (login required)

View Item
View Item