NARULITA, MAHARANI REZA (2022) ANALISIS POLA ASUH ORANG TUA DALAM PEMBELAJARAN DARING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI KELAS IV SD NEGERI GAYAMSARI 02 SEMARANG. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
MAHARANI REZA NARULITA 18120127.pdf
Download (4MB)
Abstract
ABSTRAK
MAHARANI REZA NARULITA. NPM 18120127. “Analisis Pola Asuh Orang
Tua Dalam Pembelajaran Daring Terhadap Hasil Belajar Siswa Di Kelas IV SD
Negeri Gayamsari 02 Semarang”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru
Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Semarang. Universitas
PGRI Semarang. 2022.
Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah kurangnya kesadaran
orang tua akan pentingnya pola asuh membuat orang tua kesulitan untuk
membimbing siswa saat pembelajaran daring, karena pelajaran terus mengajalami
perkembangan. Selain itu sibuknya kegiatan orang tua juga menjadi penyebab
kurang sadarnya orang tua akan pentingnya pola asuh terhadap anak. Latar
belakang orang tua siswa juga dapat mempengaruhi penerapan pola asuh orang
tua terhadap anak sehingga berdampak pada hasil belajar siswa. Pola asuh
merupakan sikap orang tua dalam berinteraksi, membimbing, membina, dan
mendidik anak-anaknya dalam kehidupan sehari-hari dengan harapan menjadikan
anak sukses menjalani kehidupan ini.
Fokus penelitian ini adalah pola asuh orang tua dalam pembelajaran daring
terhadap hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri Gayamsari 02 Semarang yang
dikaji meliputi ranah sikap, pengetahuan, dan keterampilan. siswa. Dengan tujuan
menganalisis pola asuh orang tua dalam pembelajaran daring terhadap hasil
belajar pada siswa SD Negeri Gayamsari 02 Semarang.
Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif, karena peneliti
mengamati, menganalisis, dan menafsirkan suatu objek yang akan diteliti guna
untuk mengembangkan teori yang telah dipelajari. Metode pengumpulan data
menggunakan metode angket, wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini
mendiskripsikan tentang pola asuh orang tua dalam pembelajaran daring terhadap
hasil belajar siswa kelas IV.
Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan peneliti bahwa pola asuh
orang tua terhadap siswa sangat mempengaruhi hasil belajar siswa di sekolah.
Pola asuh yang kurang tepat akan berdampak pada perkembangan sikap,
pengetahuan, dan keterampilan siswa.
Berdasarkan penelitian ini saran yang disampaikan adalah orang tua perlu
mengetahui pentingnya pola asuh terhadap siswa. Penerapan pola asuh yang tepat
akan berdampak baik pada perkembangan sikap, pengetahuan dan keterampilan
siswa
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 14 Mar 2024 03:00 |
Last Modified: | 14 Mar 2024 03:00 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/2711 |