HUBUNGAN EFIKASI DIRI DENGAN PERILAKU MENYONTEK SISWA KELAS XII SMA NEGERI 1 PABEDILAN KABUPATEN CIREBON

LATIFAH, LATIFAH (2023) HUBUNGAN EFIKASI DIRI DENGAN PERILAKU MENYONTEK SISWA KELAS XII SMA NEGERI 1 PABEDILAN KABUPATEN CIREBON. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of LATIFAH 19110088.pdf] Text
LATIFAH 19110088.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Latifah.NPM 19110088, “Hubungan efikasi diri dengan perilaku menyontek
siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Pabedilan Kabupaten Cirebon” Skripsi.
Program Studi Bimbingan dan Konseling. Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas
PGRI Semarang. 2023. Pembimbing I Dr.M.Th.S.R. Retnaningdiyastuti,M.Pd.
Pembimbingan II Dr. Venty, S.Ag., M.Pd.
Penelitian hubungan Efikasi Diri dengan Perilaku Menyontek siswa dilatar
belakangi terdapat siswa yang merasa tidak yakin tentang kemampuan mereka
untuk menghadapi ujian atau tugas. Dalam situasi ini, mereka cenderung mencari
jalan pintas seperti menyontek untuk mengurangi tekanan dan kekhawatiran
mereka. Perilaku menyontek dapat menjadi cara untuk mengatasi rasa takut dan
tidak yakin yang mereka alami. Perilaku menyontek yang ditunjukan dilakukan
dengan cara menyalin jawaban teman, membuka buku saat ujian, dan memberikan
jawaban pada teman.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada hubungan
efikasi diri dengan perilaku menyontek. Dalam penelitian ini metode yang
digunakan adalah kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional, populasi dalam
penelitian ini adalah 324 siswa. menentukan jumlah sampel berdasarkan tingkat
5%. Adapun jumlah sampel dalam penelitian ini berjumlah 140.
Hasil uji hipotesisi dengan menggunakan korelasi Product moment
diketahui bahwa nilai sig. (2-tailed) diperoleh 0,000 < 0,05 yang berarti terdapat
hubungan yang signifikan antara efikasi diri dengan perilaku menyontek siswa.
Diketahui bahwa nilai koefesien korelasi (r) adalah -0,542 dengan taraf negatif.
Pada pedoman nilai interpretasi korelasi berada pada rentang “0,40-0,599” yang
berarti bahwa tingkat hubungan efikasi diri dengan perilaku menyontek termasuk
pada kategori sedang. Kemudian besarnya sumbangan variabel efikasi diri dan
perilaku menyontek yang diperoleh sebesar 29,37%.
Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang dapat diberikan adalah
mengurangi perilaku menyontek siswa dengan pemberian treatment oleh guru BK
untuk dapat meningkatkan efikasi diri siswa.
Kata Kunci : Efikasi Diri, Perilaku Menyontek

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 05 Jan 2024 02:02
Last Modified: 05 Jan 2024 02:03
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/271

Actions (login required)

View Item
View Item