Ashiddiq, M Syifa Aulia (2022) ANALISIS PERAN GURU BIMBINGAN KONSELING DALAM MENANGANI STRES BELAJAR SISWA DI MASA PANDEMI COVID 19. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.
M.SYIFA AULIA ASSHIDDIQ 16110129.pdf
Download (1MB)
Abstract
ABSTRAK
M. Syifa Aulia Asshiddiq. 16110129. “Analisis Peran Guru Bimbingan
Konseling dalam Menangani Stres Belajar Siswa di Masa Pandemi Covid 19”.
Skripsi. Program Studi Bimbingan Konseling. Fakultas Ilmu Pendidikan.
Universitas PGRI Semarang. Heri Saptadi Ismanto, S.Pd, M.Pd.,Kons, Chr. Argo
Widiharto, S.Psi., M.Si. Maret. 2021.
Penelitian ini dilatar belakangi selama pandemi ini di SMA Bustanul Ulum
Bumiayu melaksanakan pembelajaran online atau daring menggunakan e�learning, salah satu guru bimbingan konseling menyatakan bahwa banyak keluhan
mengenai stres karna siswa dituntut untuk mengerjakan tugas setiap hari, bahkan
ada yang sering membolos dan sering tidak mengerjakan tugas. Peneliti tertarik
untuk meneliti lebih lanjut dengan menarik judul penelitian yaitu “Analisis Peran
Guru Bimbingan Konseling dalam Menangani Stres Belajar Siswa di Masa
Pandemi Covid 19”.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian
kualitatif. Penelitian kualitatif merupakan penelitian yang dilakukan pada kondisi
yang alamiah, dimana peneliti adalah sebagai instrumen kunci. Dalam penelitian
kualitatif, data yang terkumpul berbentuk kata-kata atau gambar, sehingga tidak
menekankan pada angka. Jumlah sampel atau responden dalam penelitian ini
adalah guru BK, guru kelas dan dua siswa, yang menggunakan mengalami stres
belajar.
Hasil hasil dari wawancara dengan guru bimbingan konseling di SMA
Bustanul Ulum Bumiayu maka dari hasil tersebut bahwa peran guru bimbingan
konseling sebagai motivator, sebagai director, sebagai inisiator, sebagai fasiliator,
sebagai mediator, dan sebagai evaluator. Bahwa peran guru bimbingan dan
konseling dalam membentuk kepribadian siswa yang mengalami stres belajar
proses bimbingan konseling yang dilakukan oleh guru bimbingan dan konseling
terhadap siswa yang mengalami stres belajar diantaranya pertama, guru
Bimbingan dan Konseling mengumpulkan data masalah siswa (Need Assesment).
Kedua, menganalisis masalah-masalah yang dialami siswa, guru bimbingan dan
konseling memberikan pemahaman dan menjelaskan tentang stres belajar, guru
bimbingan dan konseling berperan aktif dalam membentuk kepribadian siswa
yang mengalami stres belajar yang ada dengan memberikan layanan konseling
individul, konseling kelompok maupun bimbingan kelompok. Layanan diberikan
sesuai dengan kebutuhan siswa. Guru bimbingan konseling juga memberikan
informasi-informasi yang dibutuhkan oleh siswa dan khusunya tentang stres
belajar. Ketiga menyediakan ruang konseling yang memadai membuat proses
layanan bimbingan konseling efektif. Penelitian selanjutnya juga diharapkan dapat
membahas tentang faktor-faktor yang mempengaruhi tingkat stres pada siswa
yang bersekolah dengan media daring..
Kata kunci : Peran Guru Bimbingan Konseling, Stres Belaja
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 14 Mar 2024 02:51 |
Last Modified: | 14 Mar 2024 02:51 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/2704 |