PENGARUH MEDIA PUZZLE TERHADAP HASIL BELAJAR KELAS IV TEMA 4 BERBAGAI PEKERJAAN DI SD NEGERI PENJALINBANYU

NURHIDAYAH, APRILIANI (2022) PENGARUH MEDIA PUZZLE TERHADAP HASIL BELAJAR KELAS IV TEMA 4 BERBAGAI PEKERJAAN DI SD NEGERI PENJALINBANYU. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of APRILIANI NURHIDAYANG 18120194.pdf] Text
APRILIANI NURHIDAYANG 18120194.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

APRILIANI NURHIDAYAH. NPM 18120194. “Pengaruh Media Puzzle
Terhadap Hasil Belajar Kelas IV Tema 4 Berbagai Pekerjaan di SD Negeri
Penjalinbanyu”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas
Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Semarang. 2022. Dosen Pembimbing I :
Veryliana Purnamasari, S.Pd., M.Pd. Dosen Pembimbing II : Sunan Baedhowi,
M.Si
Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah rendahnya hasil
belajar tematik pada siswa Sekolah Dasar. Hal tersebut disebabkan kurangnya
penerapan media pembelajaran yang kreatif dan efektif dalam proses
pembelajaran.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah : (1) apakah guru menjelaskan
materi hanya menggunakan metode ceramah dan tidak adanya media
pembelajaran sehingga siswa tidak dapat memahami materi yang diajarkan? (2)
apakah selama pembelajaran siswa tidak aktif, sering berbicara sendiri dan kurang
memperhatikan ketika guru sedang menjelaskan? (3) apakah guru kurang
memanfaatkan media pembelajaran? (4) apakah hasil belajar siswa rendah pada
pembelajaran tematik tema 4 berbagai pekerjaan? Tujuan yang hendak dicapai
dalam penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui apakah pengaruh dari
penggunaan media puzzle untuk meningkatkan hasil belajar pembelajaran tematik
tema 4 berbagai pekerjaan di kelas IV SDN Penjalinbanyu. (2) untuk mengetahui
apakah ketuntasan belajar siswa mencapai 70% dengan menggunakan media
puzzle pada peserta didik kelas IV SDN Penjalinbanyu.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif Quasy Experimental
Design.populasi yang digunakan adalah seluruh sampel kelas IV tahun ajaran
2022/2023. Teknik pengambilan data berdasarkan pengamatan dan hasil belajar
siswa.
Hasil penelitian menunjukkan peningkatan hasil belajar tanpa diberi
perlakuan dan hasil belajar dengan menggunakan media puzzle mengalami
perbedaan. Rata rata hasil belajar tanpa diberi perlakuan adalah 70 dengan
presentase ketuntasan hasil belajar siswa mencapai 78%. Rata rata hasil belajar
dengan menggunakan media puzzle adalah 82,5 dengan presentasi ketuntasan
hasil belajar siswa mencapai 100%. Maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran
menggunakan media puzzle dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN
Penjainbanyu.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 14 Mar 2024 02:33
Last Modified: 14 Mar 2024 02:33
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/2694

Actions (login required)

View Item
View Item