ANALISIS KEMAMPUAN BERHITUNG MATERI PERKALIAN UNTUK SISWA KELAS III SEKOLAH DASAR

PUJIONO, AHMAD MALIK (2022) ANALISIS KEMAMPUAN BERHITUNG MATERI PERKALIAN UNTUK SISWA KELAS III SEKOLAH DASAR. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of AHMAD MALIK PUJIONO 15120146.pdf] Text
AHMAD MALIK PUJIONO 15120146.pdf

Download (3MB)

Abstract

AHMAD MALIK PUJIONO. NPM 15120146. “Analisis Kemampuan
Berhitung Materi Perkalian Untuk Siswa Kelas III Sekolah Dasar”. Skripsi.
Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan
Universitas PGRI Semarang. 2022.
Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah bagaimana
kemampuan berhitung materi perkalian pada siswa kelas III sekolah dasar.
Pertanyaan dalam penelitian ini adalah kemampuan berhitung yaitu bagaimana
kemampuan berhitung materi perkalian pada siswa kelas III Sekolah Dasar?
Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk menganalisis kemampuan berhitung
materi perkalian pada siswa kelas III Sekolah Dasar.
Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan metode fenomenalogi. Subyek
dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas III. Pengumpulan data yang
digunakan adalah observasi, tes, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis
data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan
kesimpulan. Untuk mengetahui validitas data digunakan uji kredibilitas berupa
triangulasi teknik, sedangkan untuk mengetahui reliabilitas menggunakan uji
dependability.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kemampuan berhitung perkalian
siswa kelas III Sekolah Dasar pada indikator kemampuan menyelesaikan soal
termasuk kategori tinggi, sedangkan pada indikator kemampuan membuat soal
dan penyelesaiannya dalam kategori rendah.
Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang dapat disampaikan penulis
kepada guru adalah Pengajaran tentang sifat operasi hitung perkalian lebih
diperhatikan supaya ketuntasan belajar siswa dapat tercapai sesuai dengan
indikator yang ada, yakni indikator kemampuan menyelesaikan soal dan indikator
kemampuan membuat dan menyelesaikan soal yang telah dibuat sendiri sebelum
berganti ke materi selanjutnya.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 14 Mar 2024 02:18
Last Modified: 14 Mar 2024 02:18
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/2681

Actions (login required)

View Item
View Item