PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN SCRAPBOOK PADA SUBTEMA KOMPONEN EKOSISTEM KELAS V SEKOLAH DASAR

RAMADHANI, FEBBY MAULA (2022) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN SCRAPBOOK PADA SUBTEMA KOMPONEN EKOSISTEM KELAS V SEKOLAH DASAR. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.

[thumbnail of FEBBY MAULANA RAMADHANI 18120020.pdf] Text
FEBBY MAULANA RAMADHANI 18120020.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

FEBBY MAULA RAMADHANI. NPM 18120020. “Pengembangan Media
Pembelajaran Scrapbook Pada Subtema Komponen Ekosistem Kelas V Sekolah
Dasar”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu
Pendidikan. Universitas PGRI Semarang 2022. Pembimbing I Wawan Priyanto,
S.Pd.,M.Pd. dan Pembimbing II Veryliana Purnamasari, S.Pd., M.Pd.
Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah guru masih
menggunakan metode lama seperti ceramah sehingga peserta didik belum aktif
dalam proses pembelajaran. Selain itu guru belum menggunakan media
pembelajaran yang tepat dalam mengaktifkan peserta didik dan membuat suasana
belajar menjadi dinamis. Oleh karena itu guru dan peserta didik membutuhkan
adanya media yang inovatif dan interaktif.
Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu : 1. Bagaimanakah
karakteristik media pembelajaran scrapbook pada subtema komponen ekosistem
di kelas V sekolah dasar? 2. Bagaimanakah kevalidan dan kepraktisan media
pembelajaran scrapbook pada subtema komponen ekosistem di kelas V sekolah
dasar?. Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian pengembangan ini adalah
Mengetahui dan menganalisis karakteristik media pembelajaran scrapbook pada
subtema komponen ekosistem di kelas V SDN Suradadi 05 dan SDN Bojongsana.
Mengetahui kevalidan dan kepraktisan media pembelajaran scrapbook pada
subtema komponen ekosistem di kelas V SDN Suradadi 05 dan SDN Bojongsana.
Metode penelitian ini menggunakan penelitian dan pengembangan yang
berorientasi pada produk (Research and Development). Pengembangan media
scrapbook komponen ekosistem yang akan dilakukan ini peneliti membatasi
langkah penelitian hanya sampai tahap 5 yaitu dari tahap penelitian dan
pengumpulan data, perencanaan, pengembangan draf produk, uji coba lapangan
awal dan merevisi hasil uji coba.
Hasil penelitian diperoleh dari validasi media dan materi. Hasil dari ahli
media menunjukkan persentase 98% dan hasil dari ahli materi menunjukkan
persentase 98%. Hasil analisis dari respon guru dan peserta didik, yaitu respon
guru kelas V dari kedua kelas didapat hasil rerata persentase 99% sedangkan hasil
rerata presentase dari angket respon peserta didik kelas V adalah 99%. Hal ini
dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran scrapbook komponen ekosistem
pada kelas V SDN Suradadi 05 dan SDN Bojongsana yang dikembangkan
termasuk dalam kategori “baik sekali” untuk digunakan dalam subtema komponen
ekosistem kelas V.
Berdasarkan hasil penelitian, media pembelajaran scrapbook komponen
ekosistem valid dan praktis untuk digunakan oleh peserta didik pada pembelajaran
kelas V SDN Suradadi 05 dan SDN Bojongsana.
Kata kunci : Pengembangan media pembelajaran, Scrapbook

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 08 Mar 2024 08:12
Last Modified: 08 Mar 2024 08:12
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/2671

Actions (login required)

View Item
View Item