ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA DITINJAU DARI KEMAMPUAN AWAL MATEMATIS SISWA SMP

Narwastu, Elsa Era (2022) ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA DITINJAU DARI KEMAMPUAN AWAL MATEMATIS SISWA SMP. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of Elsa Era Narwastu 16310033.pdf] Text
Elsa Era Narwastu 16310033.pdf

Download (5MB)

Abstract

Elsa Era Narwastu, 2021. Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa
Ditinjau Dari Kemampuan Awal Matematis Siswa SMP. Skripsi.Progam studi
Pendidikan Matematika. FPMIPATI. Universitas PGRI Semarang. Pembimbing I.
Dr. Lilik Arianto, S.Pd., M.Pd. Pembimbing II. Supandi, S.Si., M.Si.
Tujuan penelitian ini adalah untuk Menganalisis Analisis Kemampuan Berpikir
Kritis Matematis Siswa Ditinjau Dari Kemampuan Awal Matematis Siswa SMP
pada Materi Persmaan dan pertidak samaan linear satu variable kelas VII semester
1. Subyek Penelitian yaitu 3 siswa SMP Negeri 4 Demak kelas VII G Teknik
pengumpulan data berupa soal tes Kemampuan awal Matematis, soal tes
kemampuan berpikir kritis dan Wawancara. Pengambilan subyek penelitian
dengan pertimbangan tertentu yaitu kemampuan berpikir kritis matemtis siswa
SMP. Pada penelitian inimenggunakan 4 indikator kemampuan berfikir kritis
menurut Facione yaitu interpretasi, analisis, evaluasi, dan infrensi. Pendekatan
yang di gunakan yaitu pendekatan kualitatif. Teknik penggumpulan data yang di
gunakan yaitu tes tertulis dan wawancara. Teknik analis data yang di lakukan
dengan tahapan reduksi, penyajian data (display data) dan penarikan kesimpulan
(verifikasi). Hasil analis data ditunjukan dengan: siswa yang berkemampuan
berpikir kritis tinggi adalah siswa yang mampu memenuhi semua indikator
kemampuan berpikir kritis. Siswa yang berkemampuan berpikir kritis sedang
mampu memenuhi indikator interpretasi dan analisis tetapi kurang mampu
memenuhi indicator evaluasi dan infrensi. siswa yang berkemampuan berpikir
kritis rendah kurang mampu memenuhi semua indicator yang ada, ia masih
kurang mampu memahami soal sehingga ketika menulis yang ditanyakan atau
punyang di ketahui kurang tepat, kurang mampu membuat model
atematikanyadan kurang mampu menjelaskan apa yang telah dikerjakan. Dalam
hal ini peran guru sangatlah penting dalam melatih siswa dan membiasakan siswa
untuk mengerjakan soal-soal yang ada agar kemampuan berpikir kritis siswa
berkembang.
Kata Kunci: Kemampuan Berpikir Kritis, Kemampuan Awal Matematis

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Pendidikan Matematika Ilmu Pengetahuan Alam dan Teknologi Informasi > Pendidikan Matematika
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 08 Mar 2024 08:11
Last Modified: 08 Mar 2024 08:11
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/2670

Actions (login required)

View Item
View Item