ANALISIS KESULITAN BELAJAR MENAKSIR HASIL KALI DUA BILANGAN CACAH SISWA KELAS IV SDN SAWAH BESAR 01 SEMARANG

WULANDARI, ANGGITA (2022) ANALISIS KESULITAN BELAJAR MENAKSIR HASIL KALI DUA BILANGAN CACAH SISWA KELAS IV SDN SAWAH BESAR 01 SEMARANG. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of ANGGITA WULANDARI 17120119.pdf] Text
ANGGITA WULANDARI 17120119.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ANGGITA WULANDARI. NPM 17120119. “Analisis Kesulitan Belajar
Menaksir Hasil Kali Dua Bilangan Cacah Siswa Kelas IV SDN Sawah Besar 01
Semarang”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas
Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Semarang 2021. Dosen Pembimbing IDr.
Bagus Ardi Saputro, S.Pd., M.Pd. Dosen Pembimbing II Ervina Eka Subekti,
S.Si.,M. Pd.
Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah banyak siswa kels
IV SDN Sawah Besar 01 Semarang yang belum bisa mengerjakan soal
matematika materi menaksir. Sehingga, hasil tes kemampuan siswa dalam
mengerjakan soal matematika materi menaksir juga rendah. Hal ini disebabkan,
banyak siswa yang belum bisa memahami inti dari materi menaksir.
Permasalahan dari penelitian ini adalah 1) bagaimana kemapuan siswa
yang dimiliki siswa dalam menyelesaikan matematika materi menaksir?, 2)
apakah faktor yang menyebabkan siswa mengalami kesulitan dalam
menyelesaikan soalmatematika materi menaksir?.tujuan yang hendak dicapai
dalam penelitian ini adalah untuk menganalisis dan mengetahui jenis kesalahan,
kemampuan, dan faktor yang menebabkan siswa kelas IV SDN Sawah Besar 01
Semarang dalam menyelesaikan soal matematika materi menaksir
Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif
deskritif. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Sawah Besar 01
Semarang yang berjumlah 28 siswa tahun pelajaran 2021/2022 data dalam
penelitian ini di peroleh melalui wawancara guru dan siswa,tes kemampuan
siswa dan angket siswa serta angket evaluasi.
Hasil analisis yang diperoleh bahwa siswa mengalami kesulitan dlam
memecahkan soal matematika materi menaksir yaitu 1) siswa masih belum
memahami materi menaksir 2) kemampuan yang dimiliki siswa dalam
menghitung operasi perkalian masih rendah, 3) kehadiran siswa sangat
berpengaruh terhadap kemampuan siswa dalam pembelajaran matematika materi
menaksir.
Berdasarkan hasil penelitian ini sara yang dapat disampaikan adalah Saran
untuk siswa berdasarkan dari penelitian ini yaitu (1) siswa harus belajar dan
mengulang kembali pembelajaran menaksir hingga paham, (2) siswa sering
berlatih sosal matematika materi menaksir, (3) siswa harus fokus dan teliti ketika
belajar dan dan mengerjakan sosal matematika materi menaksir dan 4) Saran
untuk mahasiswa yang akan melakukan penelitian menaksir hasil kali dua
bilangan cacah boisa mengaitkan penelitian tersebut dengan kehidupan sehari�ha

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 08 Mar 2024 08:03
Last Modified: 08 Mar 2024 08:03
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/2661

Actions (login required)

View Item
View Item