PENGARUH MEDIA SCRAPBOOK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV TEMA 9 SDN SLAWI KULON 07

WISTUNINGRUM, ELGI (2022) PENGARUH MEDIA SCRAPBOOK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV TEMA 9 SDN SLAWI KULON 07. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.

[thumbnail of ELGI WISTUNINGRUM 18120125.pdf] Text
ELGI WISTUNINGRUM 18120125.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ELGI WISTUNINGRUM. NPM 18120125. “PENGARUH MEDIA
SCRAPBOOK TERHADAP HASIL BELAJAR BELAJAR SISWA KELAS IV
TEMA 9 SDN SLAWI KULON 07”. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru
Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas pgri Semarang. 2022. Dosen
Pembimbing 1 : Intan Rahmawati, S.Pd,M,Pd. Dosen Pembimbing II Qoriati
Mushafanah,S.Pd,M.Pd.
Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah rendahnya hasil
belajar tema 9”Kayanya Negriku” subtema 1”Kekayaan Sumber Energi Di
Indonesia” pada siswa Sekolah Dasar. Hal tersebut disebabkan kurangnya
penerapan media yang kreatif dan inovatif dalam proses pembelajaran.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah : (1) apakah media scrapbook
dapat berpengaruh terhadap hasil belajar siswa kelas IV tema 9”Kayanya
Negriku” subtema 1”Kekayaan Sumber Energi Di Indonesia” di SDN Slawi
Kulon 07 (2) apakah ketuntasan belajar siswa mencapai 70 % dengan
mengunakan media scrapbook (3) apakah ada perbedaan pretest dan posttest siswa
dengan menggunakan media scrapbook. Tujuan yang hendak dicapai dalam
dalam penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui apakah pengaruh dari
penggunaan media scrapbook untuk meningkatkan hasil belajar pembelajaran
tema 9”Kayanya Negriku” subtema 1”Kekayaan Sumber Energi Di Indonesia” di
kelas IV SDN Slawi Kulon 07. (2) untuk mengetahui apakah ketuntasan belajar
siswa mencapai 70% dengan menggunakan media scrapbook pada peserta didik
kelas IV sdn Slawi Kulon 07
Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan jenis metode eksprimen
kuantitatif dan menggunakan desain penelitian Quasy Experimental Design.
Populasi yang di gunakan adalah seluruh sampel kelas IV tahun ajaran 2022/2023.
Teknik pengambilan data berdasarkan pengamatan dan hasil belajar siswa.
Hasil penelitian menunjukkan peningkatan hasil belajar tanpa diberi
perlakuan dan hail belajar dengan menggunakan media scrapbook mengalami
perbedaan. Rata rata hasil belajar tanpa diberi perlakuan adalah 71 dengan
presentase 76%. Rata-rata hasil belajar dengan menggunakan media scrapbook
adalah 88 dengan presentase ketuntasan hasil belajar mencapai 100%. Maka dapat
disumpulkan bahwa pembelajaran menggunakan media scrapbook dapat
meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN Slawi Kulon 07

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 08 Mar 2024 07:50
Last Modified: 08 Mar 2024 07:50
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/2650

Actions (login required)

View Item
View Item