ANALISIS KEPERCAYAAN DIRI SISWA KELAS 3 SD NEGERI SENDANGMULYO 02 DALAM KETERAMPILAN BERCERITA PADA TEMA CUACA

SANTOSO, AHMAD HELMI (2022) ANALISIS KEPERCAYAAN DIRI SISWA KELAS 3 SD NEGERI SENDANGMULYO 02 DALAM KETERAMPILAN BERCERITA PADA TEMA CUACA. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

[thumbnail of AHMAD HELMI SANTOSO 16120252.pdf] Text
AHMAD HELMI SANTOSO 16120252.pdf

Download (2MB)

Abstract

Ahmad Helmi Santoso NPM 16120252 “Analisis Kepercayaan Diri Siswa
Kelas 3 SD Negeri Sendangmulyo 02 Dalam Keterampilan Bercerita Pada Tema
Cuaca”. Skripsi. Program Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Ilmu
Pendidikan. Universitas PGRI Semarang 2021. Dosen Pembimbing I Veryliana
Purnamasari, S.Pd, M.Pd. Dosen Pembimbing II Soekamto, S.Pd., M.Pd.
Konteks penelitian yang mendorong penelitian ini karena nilai bercerita
siswa mengalami penurunan, dikarenakan siswa tidak berani maju untuk bercerita
ke depan kelas maupun untuk menjawab soal dan pertanyaan yang diberikan oleh
guru untuk dijawab secara individu oleh setiap siswa. Pada pembelajaran yang
dilakukan oleh guru dan siswa khususnya pada pembelajaran bercerita mengalami
beberapa permasalahan sehingga membuat siswa kurang percaya diri saat maju ke
depan kelas.
Fokus penelitian ini adalah Bagaimana kepercayaan diri siswa kelas 3 SD
Negeri Sendangmulyo 02 dalam keterampilan bercerita pada tema Cuaca?. Jenis
penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Populasi penelitian adalah seluruh siswa
kelas 3 SD Negeri Sendangmulyo 02 yang terdiri dari 28 siswa. Subyek
penelitian adalah Guru dan Kepala Sekolah SD Negeri Sendangmulyo 02 tahun
pelajaran 2020/2021. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui dokumentasi,
observasi, dan wawancara.
Hasil dari penelitian ini berupa hasil pelaksanaan pembelajaran
keterampilan yang membimbing siswa menjadi lebih percaya diri. Yaitu melalui
media Buku paket Tema Cuaca, buku literasi perpustakaan sekolah, media
pembelajaran dari guru yang menarik , serta latihan untuk bercerita ke depan kelas
secara individu yang semakin lama mengalami peningkatan dengan adanya
latihan secara terus menerus. Pernyataan tersebut diperkuat dengan nilai sikap dan
pengetahuan siswa yang meningkat dalam setiap Kompetensi Dasar yang dapat
dilihat pada daftar nilai Keterampilan Bercerita Kelas 3 SDN Sendangmulyo 02.
Kesimpulannya, bahwa melalui bimbingan dari guru untuk memperkuat
kepercayaan diri siswa dengan membaca dan berlatih bercerita secara rutin, SDN
Sendangmulyo 02 dapat meningkatkan kepercayaan diri siswa dan keterampilan
siswa. Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang dapat disampaikan adalah
fasilitas pembelajaran bercerita pada sekolah SD Negeri Sendangmulyo 02 untuk
siswa maupun guru ditingkatkan

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 08 Mar 2024 07:50
Last Modified: 08 Mar 2024 07:50
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/2649

Actions (login required)

View Item
View Item