KARLINA, EKA (2022) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF PADA ANAK USIA 5 – 6 TAHUN DENGAN METODE BERMAIN PERAN MAKRO DI KELOMPOK B3 TK ISLAM AT TIIN SEMARANG TAHUN AJARAN 2021-2022. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.
EKA KARLINA 18156149.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract
Eka Karlina .NPM 18156149. “Upaya Meningkatkan Kemampuan Kognitif pada Anak
Usia 5 – 6 Tahun dengan Metode Bermain Peran Makro di Kelompok B3 TK At Tiin
Semarang Tahun Ajaran 2021-2022”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru
Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Semarang 2021.
Kemampuan kognitif termasuk keterampilan memecahkan masalah
merupakan bekal untuk anak sampai saat dewasa anak mengatasi kesulitan atau
hal-hal baru yang dihadapinya ketika sedang beraktivitas sehari-hari, di sekolah,
atau di lingkungan sekitrnya. Anak menjadi mandiri dan tidak bergantung pada
orangtua untuk menyelesaikan masalah jika ada kesulitan yang dihadapi. Anak
juga terlatih untuk menjadi kreatif karena selalu dibiasakan untuk menyelesaikan
masalah dengan berbagai cara yang dapat dipikirkannya. Latar belakang yang
mendorong peneliti untuk melakukan penelitian ini adalah rendahnya kemampuan
kognitif anak kelompok B3 di TK Islam At Tiin. Hal tersebut, disebabkan
kurangnya pengoptimalan metode pembelajaran di kelas. Tujuan yang ingin
dicapai dalam penelitian ini yaitu untuk meningkatkan kemampuan kognitif anak
kelompok B3 khususnya di TK Islam At Tiin Semarang.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini peneliti menggunakan
metode main peran. Jenis penelitian ini yaitu penelitian tindakan kelas dengan
melakukan 2 kali siklus. Untuk siklus I diadakan 3 kali pertemuan dan siklus II
diadakan 2 kali pertemuan. Sumber data di dapat dari sampel yang sudah diambil
peneliti yaitu 7 anak kelompok B3 TK Islam At Tiin Semarang.
Hasil penelitian pada observasi di awal (pra siklus) menunjukkan bahwa
tingkat kemampuan kognitif anak masih rendah. Pada siklus I peneliti
menggunakan pembelajaran dengan metode main peran dengan tema Profesi,
pada siklus ini terjadi peningkatan sebesar 17%. pada siklus II kembali terjadi
peningkatan kemampuan kognitif anak menjadi 88% anak berada pada kriteria
baik. Dapat disimpulkan bahwa metode main peran dapat meningkatkan
kemampuan kognitif anak kelompok B3 TK Islam At Tiin Semarang. Berdasarkan
hasil penelitian ini saran yang bisa disampaikan peneliti yaitu penggunaan metode
main peran makro dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan kognitif
anak.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 08 Mar 2024 07:47 |
Last Modified: | 08 Mar 2024 07:47 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/2647 |