ANALISIS PENGETAHUAN PROSEDURAL SISWA PADA MATERI VOLUME BANGUN RUANG KUBUS DAN BALOK KELAS V DI SD NEGERI JLEPER 1

ELIYAH, ELIYAH (2022) ANALISIS PENGETAHUAN PROSEDURAL SISWA PADA MATERI VOLUME BANGUN RUANG KUBUS DAN BALOK KELAS V DI SD NEGERI JLEPER 1. Other thesis, Universitas PGRI Semarang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Eliyah, NPM 18120083. “Analisis Pengetahuan Prosedural Siswa Pada Materi
Volume Bangun Ruang Kubus Dan Balok Kelas V Di SD Negeri Jleper 1”.
Skripsi. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan
Universitas PGRI Semarang. 2022.
Latar belakang yang mendorong penelitian ini adalah hasil nilai ulangan
harian mata pelajaran matematika siswa kelas V masih dibawah KKM. Hal
tersebut dikarenakan siswa belum dapat menyelesaikan soal matematika dengan
langkah-langkah yang benar pada materi volume bangun ruang kubus dan balok.
Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana pengetahuan
prosedural siswa pada materi volume bangun ruang kubus dan balok kelas V di
SD Negeri Jleper 1?. Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah
untuk mendeskripsikan pengetahuan prosedural siswa pada materi volume bangun
ruang kubus dan balok kelas V di SD Negeri Jleper 1.
Jenis penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Metode yang digunakan
adalah fenomenologi. Instrumen yang digunakan adalah soal tes pengetahuan
prosedural materi volume bangun ruang kubus dan balok, lembar observasi, dan
pedoman wawancara.
Hasil penelitian menunjukan bahwa Pengetahuan prosedural siswa pada
materi volume bangun ruang kubus dan balok kelas V di SD Negeri Jleper 1
diperoleh nilai dengan rata-rata 53,75. Nilai tertinggi yang didapatkan adalah 80
dan nilai terendah 11,7.Pengetahuan prosedural siswa sebanyak 15% belum
mampu menjawab pada indikator 1 yaitu menghubungkan sebuah proses
algoritma dengan situasi masalah. Pada indikator 2 yaitu menggunakan algoritma
secara benar, sebanyak 47% siswa sudah mampu menggunakan algoritma secara
benar. Pengetahuan prosedural siswa pada indikator 3 yaitu mengkomunikasikan
hasil algoritma, sebanyak 38% siswa belum mampu menjawab soal dengan
membuat kesimpulan dengan tepat. Hal tersebut dikarenakan siswa kurang teliti
dalam menggunakan algoritma secara benar dalam soal pada indikator 2 seperti
menggunakan rumus yang belum tepat, menghitung hasil, dan menuliskan satuan
volume dengan tepat. Hal tersebut dapat mempengaruhi siswa dalam membuat
kesimpulan. Faktor yang mempengaruhi hasil tes materi volume bangun ruang
kubus dan balok dalam bentuk soal cerita adalah siswa kesulitan untuk memahami
permasalahan yang ada pada soal. Jadi, pengetahuan prosedural siswa pada materi
volume bangun ruang kubus dan balok kelas V di SD Negeri Jleper 1 masih
belum mampu dilihat dari nilai rata-rata yang diperoleh oleh yakni 53,75.
Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang dapat disampaikan kepada
guru yakni untuk meminimalisir terjadinya kurangnya pengetahuan prosedural
pada siswa, maka perlu meningkatkan pemberian penjelasan bagaimana cara
penyelesaian permasalahan soal materi volume bangun ruang kubus dan balok dengan menggunakan langkah-langkah yang urut dan lebih mudah di pahami
siswa.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Perpus Pusat Upgris
Date Deposited: 08 Mar 2024 07:32
Last Modified: 08 Mar 2024 07:32
URI: http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/2633

Actions (login required)

View Item
View Item