Latifah, Dian (2022) ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA SMP KELAS IX DITINJAU DARI GAYA BELAJAR. Other thesis, UNIVERSITAS PGRI SEMARANG.
DIAN LATIFAH 17310070.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan berpikir kritis
siswa dalam menyelesaikan soal pada materi Persamaan Linier Satu
Variabel ditinjau dari gaya belajar siswa. Penelitian ini merupakan
penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Pengambilan data
dilakukan pada siswa kelas IX A SMP PGRI Semarang tahun ajaran
2021/2022. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian
ini yaitu angket gaya belajar, tes, wawancara, dan dilengkapi dengan
dokumentasi sehingga semua kegiatan dapat terekam dengan baik. Teknik
analisis data dalam penelitian ini yaitu reduksi data, penyajian data, dan
penarikan kesimpulan. Teknik pemeriksaan keabsahan data dengan
menggunakan triangulasi metode. Hasil penelitian ini menunjukkan
bahwa: (1) Siswa dengan gaya belajar visual mampu memenuhi semua
indikator berpikir kritis yaitu interpretasi, analisis, evaluasi, dan inferensi,
(2) Siswa dengan gaya belajar auditorial mampu memenuhi tiga indikator
berpikir kritis yaitu interpretasi, evaluasi, dan inferensi, (3) Siswa dengan
gaya belajar kinestetik mampu memenuhi dua indikator berpikir kritis
yaitu evaluasi dan inferensi.
Kata Kunci : Analisis, Berpikir Kritis, Gaya Belajar
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Pendidikan Matematika Ilmu Pengetahuan Alam dan Teknologi Informasi > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Perpus Pusat Upgris |
Date Deposited: | 08 Mar 2024 07:30 |
Last Modified: | 08 Mar 2024 07:30 |
URI: | http://eprints3.upgris.ac.id/id/eprint/2632 |